AMBON, Siwalimanews – Wakil Ketua Komisi III DPRD Provinsi Maluku Saodah Tethool mengingatkan seluruh operator kapal, baik perintis maupun Pelni serta kapal-kapal rakyat untuk mengutamakan keselamatan penumpang saat melakukan pelayaran.

Peringatan ini disampaikan Tethool kepada Siwalimanews melalui telepon selulernya, Selasa (27/12) merespon kondisi cuaca di perairan Maluku yang belakangan ini begitu buruk dan mengancam pelayaran.

Untuk itu, operator kapal mesti memastikan kapal dalam keadaan layak untuk berlayar, yang didukung dengan kelengkapan alat-alat keselamatan bagi para penumpang.

“Kami mengingatkan operator pelayaran perintis maupun rakyat hingga kapal Pelni yang beroperasi selama melayani angkutan selama tahun baru ini, untuk memprioritaskan keselamatan pelayaran dan penumpang,” ujar Tethool.

Pasalnya kata Tethool, saat ini cuaca ekstrem berupa angin kencang dan gelombang laut tinggi sementara melanda sejumlah wilayah di Maluku, tetapi bersamaan dengan itu, ada banyak warga yang melakukan perjalanan laut untuk akhir tahun.

Baca Juga: Silmy Karim Ditunjuk Jabat Dirjen Imigrasi

Kecelakaan laut yang terjadi beberapa waktu belakangan ini, seperti di sekitar perairan Negeri Aboru, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah, harus menjadi pembelajaran bagi operator kapal.

“Sebagai wakil rakyat, kita tetap melakukan koordinasi untuk memastikan pelayaran menjelang tahun baru dapat berjalan dengan baik,” tandas Tethool.(S-20)