AMBON, Siwalimanews – Operasi lalu lintas dengan sandi “Operasi Patuh Siwalima mulai digelar hari ini, Senin (20/9). Masyarakat Maluku khusus warga Kota Ambon diingatkan untuk menaati peraturan lalu lintas.
Operasi ini bertujuan untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) ini akan dilaksanakan selama 14 hari atau hingga 3 Oktober mendatang.
“Sesuai surat telegram Kapolri, Operasi Patuh akan kami laksanakan mulai 20 September sampai 3 Oktober 2021,” jelas Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Roem Ohoirat, Kamis (15/9).
Dikatakanya, tujuan digelarnya operasi ini guna menurunkan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas khususnya di Provinsi Maluku dengan sasaran operasi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan, dan gangguan nyata yang dapat menyebabkan kemacetan, pelanggaran dan lakalantas.
Operasi Patuh Siwalima juga akan menyasar lokasi yang berpotensi terjadi penyebaran Covid-19. Menurut Ohoirat, Operasi Patuh yang akan dilaksanakan nantinya lebih mengedepankan kegiatan yang sifatnya edukatif dan persuasif, serta humanis dalam rangka meningkatkan simpati masyarakat terhadap polisi lalu lintas (Polantas). “Tentunya operasi patuh juga akan dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” tandasnya.
Juru bicara Polda Maluku ini menghimbau kepada masyarakat agar tetap taat terhadap aturan lalu lintas serta menyiapkan dokumen kendaraan serta dokumen lain yang dibutuhkan seperti SIM, KTP dan lainnya serta senantiasa disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, seperti menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, menjauh dari kerumunan dan mengurangi mobilitas. (S-45)