AMBON, Siwalimanews – Narapidana (Napi) Lapas Kelas IIB Piru melaksanakan bakti merah putih di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Tarbiyah, Dusun Long, Desa Piru Kabupaten SBB, Sabtu (14/9).

Bakti merah putih yang dilakukan atas permintaan Kepala MTs Tarbiyah Abdul Kadir untuk membantu melakukan pembangunan di sekolah tersebut.

“Hari ini Lapas Piru (Sabtu-red) melaksanakan salah satu program yang menjadi unggulan dari Direktorat  Jenderal Pemasyarakatan yaitu bakti merah putih narapidana lapas kelas IIB Piru  dan sesuao permintaan dari  kepala MTs kepada Lapas Piru sekiranya bisa mengirimkan pasukan merah putih dalam rangka penataan sekolah,” ungkap Kalapas Piru, Saiful Sahri, kepada Siwalima, melalui press releasenya, Sabtu (14/9).

Kata dia, kegiatan merah putih yang dilakukan itu dalam bentuk pemasangan instalasi listrik, membuka lantai ruang kelas, membuat tiang bendera dengan perangkat sekaligus pembuatan WC.

“Kita langsung merespons dan mengirimkan 25 napi yang dipilih dengan tim pengamat pemasyarakatan didampingi oleh 10 pegawai diantaranya lima orang instruktur dan lima orang  pengawalan untuk melakukan proses karya bakti merah putih disana,” katanya.

Baca Juga: Satgas Pamrahwan Bikin Kelas Belajar bagi Anak Suku Mausu Ane

Kalapas menyampaikan kepada seluruh warga binaan yang hadir dalam kegiatan ini tersebut bahwa ini merupakan karya nyata dalam rangka menebus kesalahan yang pernah dilakukan dulu dan memberikan karya nyata yang bermanfaat kepada sekolah MTs.

“Kami berharap apa yang kami buat melalui empat item tadi  dapat dirasakan manfaatnya bagi anak-anak sekolah ini,” harapnya.

Sebelumnya Lapas Piru juga pernah melakukan bakti merah putih dengan membangun satu ruang belajar dan sudah dinikmati saat ini.

Keahlian napi lapas kelas IIB berkat kerja sama dengan Balai Latihan Kerja Kota Ambon hingga para napi ini sudah mahir memiliki keahlian.

Kalapas juga menyam­paikan respons dan ucapan terima kasih dari Kepala sekolah karena  surat mereka direspon dan kehadiran napi lapas piru dalam program bakti merah putih sangat membantu kegiatan dalam menunjang kegiatan proses belajar mengajar di sekolah tersebut. (S-27)