AMBON, Siwalimanews – Kendati menjadi sekolah unggulan di Provinsi Maluku, namun tingkat kebersihan di SMA Negeri Siwalima sangat memprihatinkan.

Keprihatinan terhadap tingkat kebersihan pada sekolah yang dibiayai oleh APBD Maluku ini, ditemukan Komisi IV DPRD Provinsi Maluku saat melakukan on the spot di SMA Siwalima, Rabu (4/10).

Kunjungan kerja yang dipimpin Ketua Komisi IV Samson Atapary, menemukan sejumlah persoalan yang berkaitan dengan kebersihan asrama siswa yang jauh dari kelayakan.

“Memang kita menemukan tingkat kebersihan di asrama, baik siswa putra maupun putri yang cukup memprihatinkan dan tidak layak,” kesal Atapary kepada wartawan disela-sela kunjungan kerja ke SMA Siwalima.

Atapary mengungkapkan, mulai dari tempat tinggal di asrama, kamar mandi yang tidak terurus, bahkan sisa makanan yang berserahkan di toilet, sehingga menimbulkan ketidaknyamanan bagi siswa-siswi. Apalagi sebagian besar siswa yang bersekolah di  SMA Siwalima merupakan anak pejabat yang biasa hidup dengan kebersihan.

Baca Juga: Soal Safari Politik Ganjar, PDIP Tunggu Arahan DPP

Untuk itu, siswa siswi SMA Siwalima harus diajarkan untuk memiliki keberpihakan terhadap tempat tinggal mereka sebagai bagian dari pembentukan karakter siswa.

“Persoalan kebersihan di asrama itu berkaitan dengan karakter dari siswa siswi yang mestinya menjadi fokus pihak sekolah untuk ditingkatkan,” tegasnya.

Sekolah kata Atapary, wajib menanamkan karakter yang baik, agar siswa siswi dapat bertanggung jawab terhadap asrama yang menjadi tempat tinggal mereka.

Politisi PDIP Maluku ini berharap, pihak sekolah dapat memperbaiki sistim di SMA Siwalima agar tercipta sekolah yang nyaman sesuai dengan cita-cita pembentukannya.(S-20)