AMBON, Siwalimanews – Menteri Sosial Tri Rismaharini melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Buru, Provinsi Maluku, Kamis (21/12).

Kunjungan tersebut dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional, dimana Kementrian Sosial RI mengadakan, bhakti sosial berupa operasi katarak, yang dipusatkan di RSU Namlea, Kabupaten Buru.

Kegiatan yang berlangsung 19 – 22 Desember 2023 di RSU Namlea ini melibatkan Klinik Mata Utama Maluku yang menurunkan tenaga kesehatannya berjumlah 13 orang, yang terdiri dari 3 dokter spesialis mata, masing masing dr Elna S Anakotta, dr Neni K Parimo dan dr Miranda Johannes, didampingi 10 tenaga kesehatan.

“Jadi ini program dari Kemensos yang hari ini di hadiri langsung Ibu Menteri, ada sekitar 400 pasien yang kita periksa dengan operasi katarak sebanyak 200 orang lebih,” Ketua Tim Operasi Katarak dr Elna Anakotta dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Kamis (21/12).

Selain Operasi katarak kata Anakotta, seluruh  pasien juga diberikan paket bantuan dari Kemensos RI.

Baca Juga: Tasaney: Pelayanan Transportasi Harus Sekelas Garda Maritim 5

Mensos dalam kesempatan tersebut berharap, kegiatan yang digagasnya itu dapat membantu masyarakat miskin dan memberikan manfaat bagi masyarakat Pulau Buru.

“Ada beberapa pasien yang memang tidak bisa dilakukan operasi disini tapi harus dirujuk ke Makassar atau ke Jawa. Hal ini langsung direspon oleh ibu menteri, bahwa beliau akan memfasilitasi pasien tersebut lewat Kemensos untuk dilakukan penanganan lanjutan di luar daerah,” ujar dr Elna.

Tak hanya di Kabupaten Buru  kata dr Elna, kegiatan serupa juga dijadwalkan untuk dilaksanakan di Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT).

“Karena tingginya penderita katarak di KKT, Ibu Menteri juga melakukan kegiatan serupa disana, agendanya sudah disetujui dan akan dilaksanakan Januari 2024. Beliau melihat semua dokter spesialis mata hanya terpusat di kota Ambon tidak ada di kabupaten/kota,” ungkapnya.

Untuk diketahui, dalam kunjungannya Mensos dampingi Pejabat Bupati Buru, Sekda Buru, Forkopimda Kabupaten Buru.

Sebelum bertolak dari Kabupaten Buru menuju Jakarta, Mensos menyerahkan plakat dan piagam penghargaan bagi pejabat bupati, dokter, Klinik Mata Utama Maluku, BNI dan RSU Namlea.(S-10)