PIRU, Siwalimanews – Masjid Jami Al-Hilal Kamal Desa Kamal Kecamatan Kairatu. Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Jumat (8/10), mulai dibangun, yang ditan­-dai dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Seram Bagian Barat (SBB), Timotius Akerin.

Pada kesempatan tersebut, Bupati juga menyumbangkan dana untuk pemba­ngu­nan Masjid sebesar Rp 250 juta rupiah.

Akerina dalam pesan singkatnya berharap kepada masyarakat setempat, perangkat Desa Kamal, serta alim ulama, dan segenap tokoh pemuka yang agar dapat mencu­rahkan perhatian bagi pembangunan Masjid ini

“Pembangunan sebuah Masjid sejak awal harus terlihat jelas pembangunan fisiknya dan bekerja harus kompak, sehi­-ngga dapat selesai sesuai yang diharap­kan masyarakat,” pintanya.

Menurutnya, dalam membangun sebuah rumah ibadah keber­samaan dan jiwa gotong royong masyarakat dengan meneguhkan kesatuan dan persatuan, agar pembangunan berjalan dengan baik.

Baca Juga: 900 Peserta Ikut Test SKD CAT Kemenkumham Maluku

“Jika kita bersandar kepada nasehat agama, maka seorang Muslim dianjurkan untuk berlomba memilih garis terdepan sebagai bagian dari keutamaan dalam menjalankan praktek hidup beragama,” tutur Bupati.

Lanjut Akerina, hakekat pembangunan sebuah Masjid merupakan salah satu wujud membangun derajat ketaqwaan dasar kecintaan kepada Allah SWT, Tuhan yang Maha Esa, guna tercapainya keselamatan dunia dan akhirat.

Sebab bila dilihat dari fungsinya, kata Bupati, disamping sebagai pusat atau tempat ibadah secara berjamaah, juga sebagai sarana menjalin silaturahmi melalui kegiatan kemakmuran Masjid, sehingga akan menumbuhkan kokohnya ukhuwah antara sesama kalangan umat Islam.

“Dengan begitu, pemerintah daerah sangat berterima kasih dan sangat mendukung penuh atas pembangunan Masjid ini, semoga dapat mendorong dan berkontribusi terhadap pembangunan di Bumi Saka Mese Nusa, baik pembangunan fisik maupun moral. hal ini sejalan dengan visi Kabupaten yang makmur Agamis,” terangnya.

Sementara itu Kepala Desa Kamal Ferri Souhalli menyampaikan, dengan peletakan batu pertama ini semoga akan memberikan berkah kelancaran untuk pelaksanaan pembangunan Masjid Jami Al- Hilal Kamal kedepannya lebih baik lagi.

“Selalu pemerintah desa terlebih khususnya masyarakat Kamal sangat mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah khusunya Bupati, atas bantuan dan dukungannya untuk pembangunan masjid ini,” jelasnya.

Dikatakan, dengan dukungan dari Pemda SBB ini masyarakat Kamal juga memberikan apresiasi dan juga kepada seluruh panitia yang sudah berusaha berkorban baik dalam pikiran dan materi, sehingga pembangunan Masjid ini dapat terlaksana. (S-48)