AMBON, Siwalimanews – Sejumlah pelabuhan penyeberangan terpantau masih ramai dengan pemudik yang balik usai merayakan Idul Fitri 1444 H.

Direktur Polairud Polda Maluku Kombes Handoyo Santoso, kepada wartawan, Selasa (2/5) menjelaskan sejumlah pelabuhan yang dipantau terlihat masih ramai pemudik.

“Berdasarkan laporan personil yang menempati Pos Pelabuhan Rakyat Desa Mamokeng, aktivitas arus balik dari pelabuhan Mamokeng-Saparua, Pulau Haruku, maupun Nusalaut terpantau ramai dan padat.

Hal yang sama terpantau di Pos Pelabuhan Rakyat Namrole, Pelabuhan Rakyak Ambon serta pengamanan di Pelabuhan Yos Sudarso Dobo, aktivitas arus balik masih sangat padat dan ramai.

Sementara itu pada Pos Sandar Kobisadar, Kecamatan Seram Utara Timur, juga terpantau ramai dan padat termasuk aktivitas bongkar muat.

Baca Juga: Pemuda Kudamati Komitmen Jaga Kamtibmas

“Jadi selain mengamankan dan memantau di pelabuhan-pelabuhan laut, personil kita juga melakukan pengamanan tempat-tempat wisata,” terangnya.

Di tempat wisata, ia menjelaskan lokasinya sudah mulai sepi dari pengunjung, tidak seperti hari-hari sebelumnya.

Selain memantau pergerakan penumpang dan barang, personil di lapangan juga memberikan himbauan dan pesan-pesan kamtibmas kepada masyarakat pengguna transportasi laut.

“Kami ajak masyarakat agar sama-sama menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban dengan tetap mematuhi semua aturan-aturan dalam penggunaan jasa transportasi laut,” tutupnya. (S-10)