AMBON, Siwalimanews – Humas Komite Olahraga Nasional Indonesia pusat bersama humas KONI daerah, induk cabang olahraga, badan fungsional dan KONI provinsi menggelar rapat virtual, Senin (11/9).

Rapat yang dibuka Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (purn) Marciano Norman membahas hitung mundur Pekan Olahraga Nasional XXI Aceh dan Sumatera Utara 2024, serta masukkan dari berbagai pihak demi membumingnya pelaksanaan pesta olahraga empat tahunan itu.

“Kita sudah dalam tahap satu tahun menuju PON Aceh dan Sumut 2024. Rencananya akan dibuka di Aceh pada 8 September dan ditutup di Medan 20 September,” tulis Marciano Norman dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Senin (11/9).

Menurut Marciano, rangkaian yang telah berjalan di antaranya, babak kualifikasi PON. Beberapa daerah telah menggelar kegiatan tersebut sebagai langkah awal menuju PON Aceh dan Sumut.

“Saya harap semua pihak memberitakan babak kualifikasi PON ini ke seluruh  pecinta olahraga. Terkait mengangkat prestasi olahraga tentu kita merujuk pada 14 cabor desain besar olahraga nasional,” ujar Marciano.

Baca Juga: Sekda: Anggaran Pilkada Non Tahapan Siap Dicairkan

Menyongsong hitung mundur setahun PON 2024, KONI Pusat akan menggelar Fun Run for PON pada 17 September 2023 di Jakarta. Event ini  juga sebagai rangkaian dari Hari Olahraga Nasional ke-40 yang jatuh paga 9 September lalu.

“Tentu hal ini juga berkat dukungan Kementerian Pemuda dan Olahraga dengan seluruh pemangku kepentingan terkait PON XXI akan melaksanakan kegiatan ‘Run for PON’ dan itu juga Countdown PON XXI,” ujar Marciano.

Untuk itu, Marciana menghimbau semua  humas KONI Provinsi dan Pusat, induk cabang olahraga terus meningkatkan kualitas sinergi, sehingga  pemberitaan olahraga semakin hari semakin menarik, juga semakin dicintai oleh masyarakat pencinta olahraga yang selalu haus akan berita-berita terkait dengan perkembangan olahraga nasional maupun yang ada di daerah-daerah.

Marciano berharap, pertemuan yang dihadiri lebih 100 orang itu, dapat melahirkan ide-ide brilian yang bisa mengangkat daya minat masyarakat untuk lebih mencintai olahraga demi kesuksesan PON 2024 di Aceh dan Sumut.

Diskusi yang dipandu oleh Kabid Humas KONI Pusat Effendi Soen, Wakabid Suryansyah, Martinez Dos Santos dan Tirto Prima Putra berlangsung selama dua jam. Tentu banyak masukkan dan ide – ide yang dilontarkan peserta.

“Kami mengapresiasi semua masukkan demi menggeloranya pelaksanaan PON 2024 di Aceh dan Papua nanti. Kami akan diskusikan di internal sebelum pertemuan berikutnya. Entah itu offline maupun virtual,” ucap Effendi.(S-06)