Minum teh setiap hari ternyata bisa membantu meningkatkan hampir semua fungsi organ dalam tubuh. Teh tanpa gula atau pemanis kaya akan antioksidan yang mampu cegah penyait kronis dan memperbaiki sel-sel dalam tubuh.

Teh adalah pilihan sehat untuk sebagian besar orang dewasa. “Secara umum, mereka yang minum teh hijau secara teratur lebih sehat daripada mereka yang tidak,” kata Anthony Kouri, MD, seorang ahli bedah ortopedi di Toledo, Amerika Serikat.

Sama seperti kopi, teh juga memiliki kafein sehingga tak boleh dikonsumsi terlalu banyak. Meski belum ada takaran berapa cangkir per hari, ada baiknya teh yang dikonsumsi bebas pemanis. Berikut sederet manfaat minum teh setiap hari dikutip dari Reader’s Digest.

  1. Menurunkan risiko kanker

Antioksidan dan senyawa yang ditemukan dalam teh telah dikait­-kan dengan risiko kanker tertentu yang lebih rendah. Efek terbaik minum tehtiap hari telah ditemu­kan pada kanker kulit, prostat, paru-paru, dan payudara. Berbagai jenis teh berdampak pada kanker yang berbeda. Minum teh hanyalah salah satu cara sederhana untuk mencegah kanker.

  1. Kulit jadi lebih sehat

Minum teh hitam secara teratur dapat secara signifikan mengurangi risiko kanker kulit. Teh hitam panas bermanfaat untuk karsinoma kulit skuamosa daripada menyiapkan atau meminum teh hitam dingin.

Baca Juga: Niat Percantik Diri dengan Filler Bibir, Wanita Ini Malah Kena Infeksi Parah
  1. Risiko diabetes menurun

Minum teh hitam setiap hari dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 dengan membantu mengendalikan gula darah setelah makan.

Menurut sebuah penelitian di Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition, teh hitam dapat menurunkan gula darah dan setelah mengonsumsi makanan yang mengandung sukrosa.

  1. Menguatkan gigi

Menurut sebuah penelitian dalam Journal of Oral and Maxillofacial Pathology, teh hijau memiliki efek antibakteri yang dapat mengurangi bakteri pembentuk rongga di mulut Anda. Minum teh hijau setiap hari juga bisa membuat gigi berlubang tidak terlalu parah.

  1. Memperbaiki fungsi jantung

Khasiat antiinflamasi teh dapat membuat pembuluh darah Anda rileks dan jernih dan mengurangi tekanan pada jantung. Direkomen­dasikan minum tiga cangkir teh hitam per hari untuk mencapai manfaat sehat bagi jantung. (*)