AMBON, Siwalimanews – Komisi IV DPRD Maluku men­desak, Pemprov untuk segera memperbaiki fasilitas rumah sakit Izhak Umarela di Desa Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng).

Desakan ini disampaikan, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Maluku, Rovik Afifudin saat diwawancarai wartawan di Kantor DPRD Maluku, Rabu (27/7).

Menurutnya, berdasarkan informasi yang diterima terdapat kerusakan pada rumah sakit salah satunya terjadi pada RS Izhak Umarela dimana bagian atap genteng dan plafon rumah sakit maka harus disikapi secepatnya oleh Dinas Kesehatan Provinsi Maluku.

“Informasinya terdapat kerusakan plafon dan genteng di RS Umarella jadi kami minta Pemprov untuk segera sikapi,” kata  Afifudin

Dikatakan, Pemprov Maluku melalui Dinas Kesehatan sebagai lidding sektor harus memperhatikan setiap fasilitas dari rumah sakit arti­nya, sebagai tempat yang melayani kemanusiaan harus mendapat priori­tas perhatian penuh dari pemerintah.

“Tidak ada pilihan lain kalau ada kerusakan fasilitas rumah sakit maka wajib diperbaiki oleh Pemerintah Provinsi. Kasihan ini tempat mela­yani orang sakit. Jadi kita dorong ini harus segera diperbaiki,” ujarnya.

Dikatakan, pasca gempa bumi pada September tahun 2019 lalu meninggalkan dampak yang cukup banyak, belum lagi kualitas setiap pekerjaan pengadaan proyek rumah sakit yang tidak sesuai dengan standar.

Rovik juga mendorong optimali­sasi penggunaan anggaran oleh manajemen RS Izhak Umarela sebab sebagai Unit Pelaksana Teknis, maka RS Umarella harus memberikan pelayanan maksimal kepada seluruh masyarakat, dalam kedudukannya sebagai RS rujukan dari pelosok Maluku.

Komisi IV DPRD Maluku kata Ro­vik, akan melakukan koordinasi de­ng­an pimpinan DPRD guna me­nyam­paikan permasalahan tersebut, sehingg mendapatkan prioritas dari segi anggaran serta upgrade laya­nan dan fasilitas.

“Ini tugas bersama kita semua jadi kita berharap ada sinergitas antara DPRD dan Pemda guna memacu pe­ningkatan kualitas dan kinerja rumah sakit di Maluku,” cetusnya. (S-20)