MASOHI, Siwalimanews – Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah mencanangkan vaksinasi COVID-19 massal 1 juta orang per hari yang difokuskan kepada pegawai yang bekerja di lingkup Pemkab Malteng, Senin (28/6).

Untuk mensukseskan kegiatan dimaksud, maka sebanyak 1200dosis vaksin jenis sinovac disiapkan untuk disuntikan kepada para ASN yang dipusatkan di halaman Kantor Bupati, Senin (28/6).

“Sejak Maret vaksinasi sudah berjalan, dan hari ini kita fokuskan kepada ASN di lingkup Pemkab Malteng. Hari ini kita siapkan 1200 dosisi, sesuai dengan apa yang diinginkan pak Bupati, kita undang semua ASN,” jelas Kadis Kesehatan Maluku Tengah, Jeny Adijaya.

Dijelaskan, vaksinasi massal tersebut masih tetap berlangsung hingga esok, Selasa (29/6). Bahkan kata dia pegawai kecamatan dan kelurahan, selain itu para guru di sekitar Kota Masohi juga diikut sertakan.

“Langkah hari ini besok kita lanjut disini lagi. Dan ASN ini termasuk pegawai kecamatan dan kelurahan. Tadi kata Pak Bupati supaya mengikutkan para guru juga,” jelasnya.

Baca Juga: Pemkot Diminta Tingkatkan Operasi Yustisi

Sementara itu, Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua mengatakan, suksesnya vaksinasi ini tergantung dari ketersediaan dosis vaksin yang didapat dari provinsi.

Menurutnya, semenjak pencanangan awal vaksinasi, pihaknya telah memastikan semua pihak peroleh vaksinasi sesuai dengan ketersediaan vaksin.

“Pada prinsipnya kita ingin semua masyarakat Maluku Tengah disuntik vaksin. Namun kita juga tergantung pengiriman vaksin dari Pemda Maluku,” ujarnya.

Menurutnya, saat ini antusias kalangan warga di Maluku Tengah terhadap program vaksinasi sangat tinggi, baik itu masyarakat maupun ASN.

Olehnya itu Bupati dua periode itu kembali mengutarakan harapan agar Pemda Maluku mempercepat distribusi vaksin ke Maluku Tengah.

“Bila perlu semua masyarakat di Maluku Tengah divaksin, tapi kita tergantung dari provinsi. Antusias pegawai dan masyarakat makin hari makin bagus tergantung sosialisasi yang kita lakukan. Masyarakat sekarang sudah punya pemahaman yang sama,” tandas Abua. (S-36)