AMBON, Siwalimanews – Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri secara resmi mengumumkan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mohammad Mahfud Mahmodin sebagai calon Wakil Presiden.

Mahfud MD akan mendampingi calon presiden Ganjar Pranowo pada Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden 2024 mendatang.
Pengumuman Mahfud MD sebagai Cawapres mendampingi Pranowo disampaikan Megawati di Kantor DPP PDIP Jalan Pangeran Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (18/10).

“Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim maka calon wakil presiden yang dipilih PDIP yang akan mendampingi bapak Ganjar Pranowo adalah bapak Profesor Mahfud MD,” ujar Megawati.

Turut hadir dalam acara itu para petinggi partai koalisi pendukung Ganjar antara lain Pelaksana Tugas Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono, Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo, Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang, dan Ketua Tim Pemenangan Nasional Ganjar Presiden Arsjad Rasjid.

“Hari ini, Rabu 18 Oktober 2023 saya dengan mantap diri saya ambil keputusan ke semua, saya tujukan sebesar-besar bagi kepentingan rakyat, bangsa dan negara dengan ucapkan bismillahirrahmanirrahim calon wakil presiden yang dipilih PDIP yang akan dampingi Ganjar Pranowo adalah Prof Dr Mahfud MD,” ujar Megawati.

Baca Juga: Kasus Dana Hibah Kwarda Pramuka Maluku, Jaksa Kantongi Bukti

Pengumuman Mahfud MD sebagai Cawapres dihadiri para ketua umum partai politik diantaranya, Plt Ketua Umum DPP PPP Mardiono, Ketua Umum DPP Partai Hanura Oesman Sapta Odang, dan Ketua Umum Partai Perindo Hari Tanoesoedibjo. Selain itu, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD juga hadir dalam pengumuman tersebut.

Untuk diketahui, Pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden dijadwalkan pada 19 Oktober 2023 sampai dengan 25 November 2023.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, pasangan calon presiden dan wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen, dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

Saat ini ada 575 kursi di parlemen sehingga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi di DPR RI.

Bisa juga pasangan calon diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 dengan total perolehan suara sah minimal 34.992.703 suara.

Watubun Pimpin Tim Pemenangan

Ketua DPD PDIP Maluku Benhur George Watubun didapuk memimpin tim pemenangan Calon Presiden Ganjar Pranowo di Provinsi Maluku.

Penunjukan Watubun sebagai ketua tim setelah dilakukan rapat konsolidasi pembentukan tim pemenangan daerah Ganjar Pranowo Presiden 2024, Selasa (17/10) malam.

Rapat konsolidasi dihadiri langsung empat partai politik yakni, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Hati Nurani Rakyat dan Partai Perindo.

Watubun kepada wartawan, Rabu (18/10) menjelaskan rapat konsolidasi merupakan instruksi masing-masing partai pengusung untuk membentuk tim pemenangan daerah dengan format yang telah diturunkan oleh DPP dan Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo Presiden 2024.

“Instruksi itu sudah tindaklanjuti dengan silaturahmi dan menggelar rapat dengan seluruh partai yang telah melakukan kerjasama di tingkat nasional,” ujar Watubun.

Menurutnya, pembentukan tim pemenangan didahului dengan pembahasan secara internal pimpinan partai, dan keputusannya telah diumumkan dalam rapat yang dihadiri oleh pengurus parpol masing-masing.

Terkait dengan struktur tim pemenangan, Watubun mengakui sesuai kesepakatan maka ketua tim dipimpin oleh PDIP, sekretaris PPP, bendahara Hanura sedangkan para wakil ketua diisi oleh keempat parpol.

“Untuk yang pimpin itu saya ketua tim, sekretaris dari Ketua DPW PPP, dan bendahara Ketua DPD Hanura. Kemudian Wakil Ketua itu Ketua DPD Perindo, lalu utusan PDI-Perjuangan, PPP, dan Hanura,” jelas Watubun.

Selain itu, dalam tim pemenangan Ganjar Pranowo terdapat 12 direktorat yang strukturnya telah disepakati dan nantinya diisi dari perwakilan parpol.

“Perwakilan itu untuk mereka membahas dan melakukan usulan dan pemantapan struktur, sehingga memenuhi harapan sebagaimana amanah yang telah diturunkan DPP dan Tim Pemenang Nasional. Jadi 12 direktorat ini kita beri waktu 7 hari,” pungkasnya.

Watubun menegaskan, selain utusan parpol tim pemenangan juga bakal diisi unsur relawan, tokoh masyarakat, tokoh agama, profesional, unsur perempuan, tokoh anak, dan kaum disabilitas dan unsur lainnya.

Dengan semua unsur tersebut, PDIP Maluku berharap tim ini mengakomodasi seluruh kepentingan guna memenangkan Ganjar Pranowo di Maluku. (S-20)