AMBON, Siwalimanews – Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pattimura, khususnya jurusan manajemen mengijkuti kuliah umum tentang peran bank sentral.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpatti Prof Teddy Leasiwal dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Rabu (4/9) menjelaskan, kuliah umum ini diberikan, untuk memberikan pemahaman kepada para mahasiswa tentang bagaimana peran strategis bank sentral dalam menjaga stabilitas ekonomi serta mendorong inovasi keuangan di era digital saat ini.

Hal ini penting, agar mahasiswa memahami, bahwa peran strategis bank sentral sebagai motor penggerak inovasi dalam dunia ekonomi.

“Dengan kegiatan ini, kami berharap dapat membekali para mahasiswa dengan wawasan yang lebih mendalam mengenai tantangan dan peluang di sektor ekonomi, serta bagaimana mereka dapat berperan aktif dalam memajukan perekonomian bangsa,” tulis Prof Teddy.

Kuliah umum dengan menghadirkan narasumber, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Maluku, Rawindra Ardiansyah yang memaparkan tentang peran strategis Bank Indonesia sebagai penjaga stabilitas moneter sekaligus penggerak inovasi keuangan.

Baca Juga: KPU Maluku Tindaklanjuti Pergantian Caleg Terpilih Partai Gerindra

“Jadi bank sentral tidak hanya berperan dalam menjaga inflasi dan stabilitas sistem keuangan, tetapi juga berperan krusial dalam mendorong inklusi keuangan dan penerapan teknologi inovatif dalam sistem pembayaran. Inovasi seperti digitalisasi dan QRIS adalah masa depan ekonomi kita, dimana BI berperan sebagai katalisator utama dalam mempersiapkan masyarakat menghadapi perubahan global,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, BI juga memberikan edukasi tentang Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) sebagai solusi pembayaran digital yang aman, praktis dan mendukung inklusi keuangan dan juga tentang cinta, bangga, paham rupiah. Dimana pentingnya menghargai dan memahami rupiah sebagai simbol kedaulatan bangsa dan stabilitas ekonomi nasional.(S-25)