AMBON, Siwalimanews – Intensitasi hujan yang tinggi akhir-akhir ini mengakibatkan bencana alam terjadi di sejumlah wilayah di Maluku, tidak saja Kota Ambon, tetapi ju­ga di Sirisori Islam, Kecamatan Saparua Timur, Kabupaten Maluku Tengah.

Hujan deras yang terjadi Rabu (13/7) pagi, membuat tanah longsor di Negeri Sirisori Islam dan menutup jalan utama yang menghubungkan beberapa negeri di wilayah tersebut.

Akses warga menuju Negeri Ullath, Negeri Ouw menjadi terputus akibat tanah longsor yang menutup jalan utama di Negeri Sirisori Islam.

“Longsor yang terjadi ini meru­pakan longsor susulan yang meng­akibatkan seluruh akses jalan utama yang menghubungkan beberpaa negeri tertutup,” ungkap Kasi Hu­mas Polresta Ambon, Ipda Moyo Utomo kepada wartawan di Mapol­resta Ambon, Rabu (13/7).

Agar akses jalan tersebut tidak didekati masyarakat , pihak Polsek Saparua memasang Police Line di lokasi longsor. “Hal itu dilakukan untuk membatasi warga masyarakat yang melintas maupun yang datang untuk melihat lokasi longsor,” ujarnya.

Baca Juga: Tujuh Tahun Pemkab Aru Utang Rekanan Capai 87 M

Dikatakan, saat ini Kapolsek Sa­parua AKP J Walalayo sementara ber­koordinasi dengan Forkopincam Saparua Timur agar bisa ber­koordinasi dengan Badan Bencana Kabupaten Maluku Tengah untuk  dapat melakukan langkah-langkah penanganan bencana.

“Pak Kapolsek saat ini sementara berkoordinasi agar ada penanganan, beliau juga menghimbau kepada masyarakat agar dapat selalu berhati-hati dan waspada akan terjadinya longsor susulan,” ujarnya. (S-10)