AMBON, Siwalimanews – Logistik surat suara pemilihan kepala daerah tiba di Ambon, Jumat (18/10) pagi dengan menggunakan pesawat Herkules.

Ratusan kardus berisikan surat suara pilkada ini, tiba melalui Bandara Udara Pattimura dengan pengawalan ketaat personel kepolisian.

“Betul, jadi tadi pagi pukul 10.00 WIT logistik tahap dua yakni surat suara sudah tiba di Ambon dengan pengawalan aparat kepolisian dari Jakarta,” ungkap Ketua Divisi SDM dan Parmas, Wawan Kurniawan Susanto kepada Siwalimanews melalui telepon selulernya.

Wawan menjelaskan, surat suara yang tiba, bukan saja untuk pilkada gubernur dan wakil gubernur, namun juga untuk pilkada walikota dan bupati.

Hal ini, dikarenakan pengadaan surat suara untuk Pilkada serentak di Maluku, baik provinsi dan kabupaten/kota dilakukan pada satu perusahaan, sehingga pengirimannya secara serempak.

Baca Juga: KPU Perintahkan Penyedia Segera Selesaikan Gudang Logistik

Pasca tiba Ambon, akan dilakukan pemilahan sesuai dengan kabupaten/kota, sebelum dikirim ke KPU masing-masing.

“Pengiriman hingga penempatan dalam gudang logistik itu menjadi tanggung jawab perusahaan penyedia, termasuk memilah sesuai masing-masing kabupaten/kota,” ucap Wawan.

Terkait dengan pendistribusian ke kabupaten/kota, Wawan memastikan, berdasarkan hasil koordinasi dengan penyedia, maka distribusi akan dilakukan mulai besok, Sabtu (19/10).

“Kalau dari penyedia rencananya besok didistribusikan ke kabupaten/kota,” jelas wawan.

Wawan memastikan, seluruh proses kedatangan logistik hingga distribusi akan diawasi secara ketat, baik oleh Bawaslu maupun KPU Maluku.(S-20)