AMBON, Siwalimanews – Lima perwira menengah Polda Maluku berpangkat komisaris polisi, akan mengikuti seleksi sekolah staf dan pimpinan menengah (Sespimmen) Polri angkatan 63 tahun 2023 yang digelar SDM Mabes Polri.

Seleksi Sespimen Polri diawali dengan penandatangan pakta integritas dan pengambilan sumpah yang diikuti secara virtual dari ruang vicon lantai II Mapolda Maluku, Kota Ambon, Senin (12/12).

Penandatangan pakta integritas dan pengambilan sumpah di Polda Maluku dipimpin oleh Karo SDM Kombes Deni Y Putro yang didampingi Karo Ops Polda Maluku Kombes Asep Saepudin dan Kabid Dokkes.

Kepala Biro Pengendali Personel SSDM Polri Brigjen Jawari saat memimpin pakta integritas dalam arahannya meminta seluruh peserta seleksi Sespimen Polri angkatan 63, agar dapat mengikuti semua tahapan mekanisme dan ketentuan yang berlaku dalam pelaksanaan seleksi.

“Jadi saya minta agar rekan- rekan peserta seleksi ini dapat menjaga integritas dan jangan ada yang sengaja mencari dukungan di sana sini, apalagi melakukan tindakan yang tidak dibenarkan untuk diluluskan,” kata Jawari mengingatkan.

Baca Juga: Permudah Investasi, Dinas PMPTSP Dorong Program Gabitur

Jawari mengingatkan para peserta agar tidak sengaja mencari dukungan untuk diluluskan. Karena apabila ketahuan maka yang bersangkutan secara otomatis langsung dikeluarkan.

“Apabila ketahuan (mencari dukungan) maka secara otomotasi kami keluarkan dari proses seleksi sebagaimana janji dan sumpah yang sudah diucapkan tadi bersama-sama,” tegasnya.

Jenderal bintang 1 Polri ini mengingatkan para peserta akan Tuhan yang mengetahui semua perbuatan baik atau tidaknya yang dilakukan.

“Ingat kita semua memiliki Tuhan dan apa yang akan kita lakukan nanti Tuhan sudah tau. Olehnya itu saya minta kepada para peserta dan para panitia baik yang melakukan pengawasan dan poses seleksi agar jangan kita khianati sumpah yang sudah kita ucapkan bersama-sama dalam pakta integritas ini,” pintanya.

Ia meminta semua pihak untuk menjunjung kejujuran, akuntabel dan transparansi dalam seleksi. Kepada Propam, ia meminta untuk melaksanakan pengawasan dengan sebaik mungkin.

“Karena kita sudah mengucapkan sumpah dan jika ada peserta yang sengaja melakukan hal yang di luar ketentuan dan bisa lolos dalam seleksi ini maka percayalah apa yang diperolehnya tidak aka berkah dan pasti di akhirat akan dimintai pertangung jawaban atas apa yang sudah ia perbuat di dunia ini,” ungkapnya.

Untuk diketahui, lima Pamen Polda Maluku yang mengikuti seleksi Sespimen yaitu Kompol Ferry Mulyana Sunarya, Kompol Agung Pranajaya, Kompol Senja Pratama, Kompol Syahirul Awab, dan Kompol Endy Desianto. (S-10)