AMBON, Siwalimanews – Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Gerindra Maluku Hendrik Lewerissa mengatakan, seluruh strategi pemenangan partai akan diputuskan dalam rapat kerja dae­rah yang akan berlangsung awal tahun 2023 mendatang.

Namun secara umum, kata HL, sapaan akrab Lewerissa, partai Ge­rindra tetap menargetkan pe­ningkatan kursi di DPRD Provinsi Maluku maupun di 11 kabupaten/kota dari 36 kursi yang saat ini diperoleh Gerindra.

Gerindra juga akan memfo­kus­kan diri pada proses pemenangan pemilu, dan bukan pada hasil, se­bab jika prosesnya baik, maka pasti hasilnya juga akan baik. Apa­lagi, dengan terbentuknya seluruh struktur pengurus perempuan Indonesia raya di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota di Maluku, akan sangat membantu Gerindra dalam merebut kemenangan.

Secara organisasi, lanjut HL, Partai Gerindra memiliki forum yang bertugas untuk membahas dan menyatukan pendapat  terkait dengan pemenangan, baik pilpres, pileg maupun pilkada pada bulan November 2024 mendatang

“Soal target politik kita akan nanti melakukan rakerda di Langgur pada akhir bulan Januari 2023 dan dalam forum rakeda itu kita akan bahas semua hal terkait dengan persiapan pileg dan pilpres di Ma­luku,” ungkap Lewerissa kepada wartawan di Ambon, Sabtu (19/11).

Baca Juga: Gunung Botak Makan Korban, 3 Penambang Tewas

Ditanya terkait dengan peluang Gerindra mengusung calon Guber­nur Maluku dalam pilkada serentak 2024 mendatang, Lewerissa me­ne­gaskan, hal itu merupakan ke­wenangan DPP Partai Gerindra, sehingga seluruh kader dan fu­ng­sionaris akan tunduk pada kepu­tusan partai

“Tentu sebagai organisasi sayap kita berharap PIRA menjadi mitra kerja partai yang konstruktif untuk mencapai target perjuangan partai, terutama menghadapi kontestasi politik di tahun 2024, baik pilpres, pileg maupun pilkada serentak di November 2024,” ujarnya.

Optimis Menangkan Pilpres

Kendati kontestasi pemilihan presiden masih dua tahun lagi, namun DPD Partai Gerindra Provinsi Maluku merasa sangat optimis memenangkan pemilihan presiden dan akan membawa Prabowo Subianto sebagai presiden RI menggantikan Joko Widodo.

Optimisme akan memenang­kan Pileg 2024 ini diungkapkan langsung Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Gerindra Provinsi Maluku, Hendrik Lewerissa kepada wartawan di Ambon, Jumat (18/11).

Dijelaskan, Partai Gerindra sesuai dengan keputusan rapat kerja nasional yang dilakukan di Sentul Bogor beberapa bulan lalu telah menetapkan Prabowo Subianto sebagai calon presiden yang akan diusung pada pileg 14 Pebruari 2024 mendatang.

“Kita kan secara bulat sudah menetapkan Pak Prabowo Subianto sebagai calon presiden 2024 dan sebagai kader partai Gerindra, kami yakin betul 2024 kami akan menang Pilpres,” tegas Lewerissa.

Terkait dengan bakal calon presiden, forum rakernas termasuk Maluku memberikan kewenangan sepenuhnya menjadi hak prerogatif Prabowo Subianto dan  pimpinan partai Gerindra bersama pimpinan partai koalisi untuk menentukan siapa calon yang akan mendampingi Prabowo Subianto.

Menurutnya, DPD Partai Gerindra Maluku tidak memper­soalkan siapa dan dari mana bakal calon presiden yang dipilih, tetapi yang terpenting bakal calon presiden adalah seorang patriotis, cinta merah putih dan memiliki komitmen kebangsaan yang kuat untuk membangun Indonesia lebih maju.

Selain itu, calon Wakil Presiden pendamping ketua umum harus dapat memberikan kontribusi dukungan elektoral yang tinggi sehingga target kemenangan yang telah ditetapkan bersalam dalam pilpres dapat tercapai dengan baik.

“Jadi kami tidak bicara soal person atau soal figur, siapa dia tapi lebih banyak soal kriteria dan kita yakin dalam waktu dekat akan diputuskan oleh Pak Prabowo dan pimpinan partai koalisi,” tandas Lewerissa. (S-20)