AMBON, Siwalimanews – Upaya melestarikan budaya lokal bernuansa maritim, khususnya seni tari kepada masyarakat Lantamal IX mengelar festival Moluccas.

festival Moluccas ini sendiri menampilkan goyang Jalesveva Jayamahe (JJM) senam atau tarian khas TNI Angkatan Laut yang di kolaborasikan dengan tarian khas Maluku di pusatkan di Lapangan Apel Markas Komando Lantamal IX Halong, Sabtu (28/5).

Festival yang dilaksanakan sehari tersebut melibatkan 8 tim yang mengikuti event Goyang JJM, antara lain tim tari dari Rumkital dr. FX. Suhardjo, Yayasan Hang Tuah, perwakilan KBT Komplek Lantamal IX, Rumah Sakit Tentara Tingkat II Latumetten, Pertamina Regional Wilayah Kota Ambon, Akper Poltekes Maluku dan Menwa Upatti.

Dengan menggunakan back­sound lagu gending Jawa yang dinyanyikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, dimana lagu ini adalah karya Kepala Dinas Pembi­naan Mental TNI AL (Kadisbintalal) Laksamana Pertama TNI Ian Heriyawan.

Kegiatan tersebut dibuka dengan acara seremonial dari laporan Ketua Panitia penyelenggara Mayor Laut (S) Anthoni kepada Wadan Lantamal IX Kolonel Laut (P) Eka Prabawa, yang mewakili Danlantamal IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina.

Baca Juga: Kapolda: Ada yang tak Ingin Maluku Aman

Dalam sambutanya sambutan G.M. Pertamina Regional Wilayah Kota Ambon Morris mengucapkan terima kasih kepada lantamal atas penyelenggaran event tersebut.

“Saya ucapkan apresiasi dan bangga kepada Lantamal IX Ambon, yang telah menyelenggarakan festival pada hari ini”, tutur G.M. Pertamina tersebut.

Beliau juga berharap, festival tersebut tidak hanya dilaksanakan pada hari ini saja, namun bisa diselenggarakan secara rutin dan berkesinambungan di tahun beri­kutnya.

“Saya juga berharap festival yang diselenggarakan Lantamal IX ini bisa terselenggara kembali di tahun depan, demi memajukan kota Ambon dan Provinsi Maluku pada khu­susnya,” ucapnya.

Wadan Lantamal IX Kolonel Laut (P) Eka Prabawa yang mewakili Danlantamal IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina dalam sambutannya juga mengucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada para tamu undangan yang telah hadir, terutama kepada para peserta lomba.

“Kegiatan Festival Goyang Jales­veva Jayamahe yang kita laksana­kan pada pagi ini merupakan salah satu upaya dan andil Lantamal IX untuk turut serta melestarikan budaya lokal yang bernuansa maritim, khususnya seni tari kepada masyarakat di Ambon,” terang Wadan Lantamal.

Mengingat Maluku merupakan salah satu provinsi kepulauan yang ada di Indonesia dan identik dengan kemaritiman, sehingga mengem­bang­kan dan melestarikan budaya maritim merupakan suatu kewajiban TNI AL dalam hal ini Lantamal IX Ambon.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan jiwa kemaritiman, serta Lantamal IX ingin memperkenalkan Goyang Jalesveva Jayamahe kepada seluruh lapisan masyarakat kota Ambon”, tutur Wadan Lantamal IX.

Wadan Lantamal IX juga meng­harapkan semangat dari seluruh peserta yang hadir untuk memberi­kan prestasi yang terbaik.

“Kepada para peserta, tunjukkan semangat dan sportifitas yang ting­gi, agar dapat menghasilkan prestasi yang maksimal,” tambahnya.

Diakhir sambutan, dilaksanakan Penyerahan Plakat dari Danlantamal IX yang diwakili Wadan Lantamal IX Ambon kepada G.M. Pertamina Regional Wilayah Kota Ambon Pak Morris dan Kasatpol PP Kota Ambon serta dilanjutkan dengan acara foto bersama.

Meskipun acara festival goyang tersebut dibawah guyuran hujan, antusiasme dan semangat para peserta lomba tidak surut, sekalipun dalam keadaan basah kuyub, para peserta tetap semangat mengikuti jalannya lomba.

Festival Goyang JJM yang sangat meriah ini dipanitia oleh prajurit TNI AL Lantamal IX dan didukung dari sponsorship Pertamina Regional Wilayah Kota Ambon, Coffino, ACE Hardware, Hypermart dan Dealer Mitsubishi Ambon.

Tidak hanya lomba tari, dalam rangkaian kegiatan tersebut juga ditampilkan demonstrasi Kolone Senapan dari perwakilan prajurit Yonmarhanlan IX Ambon, Tur Fasiliti dan Alutsista Lantamal IX Ambon, Fashion Show seragam TNI AL, Hiburan lagu, dan Closing se­remonial penampilan joget massal JJM oleh Kowal Lantamal IX diikuti oleh seluruh peserta dan undangan serta pengumuman pemenang peserta lomba goyang JJM. (S-09)