AMBON, Siwalimanews – Rektor Universitas Darusalam Ambon, Muhammad Riadh Uluputty meneteskan air matanya dalam rapat senat terbuka luar biasa Universitas Darusalam dalam rangka wisuda 115 sarjana periode tahun 2022, yang berlangsung di The Natsepa Hotel, Kamis (29/12).

Rektor tak kuat menahan air matanya saat menyampaikan ungkapan terima kasih kepada Rektor Unpatti Ambon yang telah memberikan bantuan tenaga pendidik serta bantuan fasilitas pendukung pembelajaran pada beberapa program studi, juga kepada Politeknik Negeri Ambon dalam memfasilitasi pelaksanaan praktikum mahasiswa Darusalam serta  kepada pembina, pengurus dan Pengawas Yayasan Darusalam Ambon serta jajaran, atas dukungannya secara terus menerus kepada pengelolaan dan pengembangan Universitas Darussalam Ambon, atas dukungan dan segala upaya yang dilakukan untuk kemajuan universitas tersebut.

“Kepada para wisudawan/wisudawati, saya ucapkan selamat atas keberhasilannya dalam menempuh pendidikan di Unidar Ambon. Selamat mengabdikan diri dalam kehidupan bermasyarakat. Di masyarakat nanti, saudara-saudari akan mendapatkan ujian yang sesungguhnya sesuai dengan bidang kompetensi keilmuan kalian, semoga kehadiran kalian ditengah-tengah masyarakat, dapat memberikan manfaat, kebaikan dan kesejukan bagi siapapun dan di manapun kalian berbakti dan berkarya,” ucap Uluputty.

115 Mahasiswa yang diwisudakan, berasal dari 7 fakultas pada 13 program studi dan 7  wisudawan diantaranya, adalah lulusan terbaik, salah satunya Nurabia Tuasikal, lulusan dengan predikat cumlaude dari prodi Kehutanan Fakultas Pertanian dan Kehutanan.

Prestasi lain yang pernah diraihnya juga, antara lain pada tingkat regional Maluku dan Maluku Utara meraih juara 1 sebagai mahasiswa berprestasi dan juara harapan 1 pada National University Debating Championship.

Baca Juga: Walikota Resmikan Pastori Nehemia Benteng

“Ini prestasi yang membanggakan, terutama bagi citivitas akademika Unidar Ambon dan sampai hari ini menjabat sebagai Presiden Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih masa bakti 2021-2023 dibawah pembinaan Kementerian Pemuda dan Olahraga RI,” ungkap Uluputty.

Untuk itu Uluputty berharap, para lulusan yang telah dibekali dengan sejumlah ilmu pengetahuan  keterampilan dan budi pekerti yang baik, kiranya dapat diintegrasikan dan diimplementasikan dalam lingkungan masyarakat, untuk kemudian dapat menciptakan kesempatan kerja, mampu berkompetisi secara sehat dan berinovasi dalam merumuskan pikiran-pikiran cerdas dan bijak untuk dapat memecahkan permasalahan di masyarakat serta menjadi tangguh dalam bidangnya, namun senantiasa rendah hati dan berakhlak karimah.

Uluputty juga berharap, Unidar Ambon, yang kini memiliki 7 fakultas dengan 14 prodi dan terakreditasi dengan predikat baik sekali, dan berdasarkan reputasi kinerja penelitian dan dampak edukasi terhadap alumninya, maka pada tahun 2022 ini, menempatkan Unidar Ambon pada peringkat kedua perguruan tinggi terbaik di wilayah Kota Ambon, Provinsi Maluku.

Sementara pada tingkat nasional, Unidar berada pada peringkat 122 dari 3.975 perguruan tinggi di Indonesia, dimana jumlah PTS sebanyak 3.792 dan PTN 183 institusi. Hal ini mengandung makna, bahwa peringkat Unidar masih lebih baik dari 61 PTN dan ribuan PTS lainnya di Indonesia.

“Selain itu dari 14 prodi yang ada, semuanya telah terakreditasi sesuai hasil penilaian BAN-PT, dimana terdapat 8 prodi yang telah terakreditasi B, yaitu Prodi manajemen, Agroteknologi, Ilmu Administrasi Negara, ilmu Pemerintahan, ilmu Hukum, Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika dan Manajemen Sumber Daya Perairan,” urai Uluputty.

Ketua Yayasan Darussalam Maluku H Jusuf Idrus Tatuhey juga memberikan apresiasi terhadap terlaksananya kegiatan tersebut.

Dia juga berterima kasih kepada Universitas Darussalam Ambon, dalam memberikan pelayanan yang Paripurna bagi masyarakat Maluku atas pendidikan tinggi di daerah ini, demi diwujudkan terlaksananya Tri Dharma perguruan tinggi.(S-25)