BUPATI Maluku Tengah, Tuasikal Abua mengatakan, dalam waktu dekat Jabatan Tinggi Pratama Eselon II maupun Jabatan Esselon III (Sekretaris dan Kepala Bidang) akan terisi.

“Kepada semua ASN yang berminat dan sudah memiliki kapasitas dan kapabilitas untuk segera mendaftar. Kami pastikan lelang jabatan pejabat tinggi Pratama akan segerah dilelang. jadi silakan mengikuti uji kelayakan pimpinan tinggi pratama dan juga sekretaris maupun kepala bidang,” kata Abua, kepada wartawan, kemarin.

Dikatakan, pihaknya sudah melaksanakan promosi dan mutasi Pimpinan Tinggi Pratama pada beberapa minggu yang lalu. Dan akan dilanjutkan lagi untuk mengisi beberapa jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, atau Pimpinan OPD yang masih kosong, maupun untuk jabatan eselon III atau Sekretaris dan Kepala Bidang yang belum terisi.

Selain promosi jabatan yang di janjikan Bupati, dirinya juga berharap agar ASN di lingkup Pemda Malteng harus giat bekerja dan tingkatkan prestasi serta loyal terhadap bangsa dan negara, terutama kepada daerah Kabupaten Malteng dalam melaksanakan pelayanan yang baik kepada masyarakat di daerah ini.

“Saya minta agar semua ASN bisa tingkatkan kinerja di masing-masing OPD dan selalu bersinergi dengan masyarakat dalam pelaksanaan tugas-tugas, guna membangun kabupaten yang kita cintai ini,” tegasnya.

Baca Juga: Empat KPN Kembali Dilantik

“Saya mengucapkan terimakasih dan memberikan apreasiasi kepada seluruh Wajib Lapor LHKPN yang telah bertanggungjawab menyam­paikan LHKPN Tahun 2021 sebelum batas akhir penyampaian LHKPN, sehingga progres kepatuhan Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah dalam menyampaikan LHKPN Tahun 2021 mencapai 100 persen, dan memberikan apreasiasi kepada seluruh Pimpinan OPD dan staf atas dukungan menyelesaikan RUPS, SAKIP, LKPJ, LAKIP, dan LPPD tepat waktu,” ucapnya.

Perlu diketahui saat ini BPK RI Perwakilan Provinsi Maluku sedang melakukan Pemeriksaan terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tengah Tahun 2021. Kendati demikian semua OPD dapat membantu dan bekerjasama dengan Tim Auditor BPK saat pemeriksaan terind ini, serta dapat merespon dengan cepat permin­taan Tim BPK RI Perwakilan Provinsi Maluku.

“Kepada para Pimpinan OPD pe­ngelola DAK, agar mempercepat le­lang kegiatan fisik dan pelak­sanaan kegiatan DAK, sehingga penyerap­an DAK dapar dilaksa­nakan secara optimal,” papar Abua.

Ia menambahkan, penyetaraan jabatan fungsional sesuai aturan yang berlaku telah kita laksanakan, sebagai langkah peningkatan efektifitas dan efisiensi birokrasi yang lebih dinamis pada struktur organisasi Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tengah. Untuk itu, bagi semua Pimpinan OPD agar tetap menyelaraskan tugas jabatan fungsional untuk memperlancar dan mengarahkan pekerjaan staf, harap bupati kepada semua ASN.

“Kepada seluruh ASN, saya berharap selalu disiplin, berkomit­men dan bertanggungjawab dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai aparatur negara da­lam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, daerah, bang­sa dan negara,” pinta Bupati. (S-36)