AMBON, Siwalimanews – Danlantamal IX Ambon, Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina berharap agar Pomal dapat terus berkiprah dan berbenah diri serta meningkatkan kapabilitas sumber­daya manusianya sehingga mampu menghadapi tantangan perkem­bangan teknologi dan informasi  dan dapat mengatasi kejahatan kon­vensional maupun dunia maya.

“Itu sejalan dengan tema HUT Pomal ke-78, yakni Dengan Sema­ngat Wijna Wira Widhayaka Polisi Militer Angkatan Laut Mendukung Tugas TNI Angkatan Laut Guna Mewujudkan Indonesia Maju,” ungkap Latuconsina, saat memimpin apel khusus memperingati Hari Ulang Tahun Polisi Militer Angkatan Laut (POMAL) ke-78, yang ber­langsung di Lapangan Mako Lan­tamal IX Halong, Selasa (20/2).

Latuconsina juga mengatakan, momen HUT ini adalah tonggak pengingat pengabdian Pomal selama 78 tahun.

Pada kesempatan itu, Latuconsina juga menyampaikan Amanat Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali mengatakan, polisi militar TNI AL merupakan institusi penegakan hukum di lingkungan TNI Angkatan Laut yang memiliki tugas pokok sebagai penegak disiplin, tata tertib dan hukum merupakan salah satu yang institusi berperan penting dan strategis dalam membangun TNI Angkatan Laut. Polisi Militer TNI AL menyandang fungsi penyidikan, penyelidikan kriminal, penegakan disiplin dan tata tertib, penegakan hukum, pengamanan fisik, pembinaan tata tertib militer serta pengurusan tawanan perang.

“Dengan tugas-tugas itu, saya menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi kinerja Pomal. Pesan saya,  Pomal terus beradaptasi dan meningkatkan kapabilitasnya dengan perkembangan jaman sehingga dapat menghadapi berbagai ancaman dan tantangan kejahatan,”ujarnya.(S-25)

Baca Juga: Bawaslu Resmi Keluarkan Rekomendasi, PSU di 32 Titik