AMBON, Siwalimanews – Cuaca yang menyengat tak menyurutkan semangat 150 mahasiswa dan mahasiswi STIkes Maluku Husada Prodi S1 Keperawatan dalam melaksanakan materi latihan problem laut yang diberikan oleh 17 Instruktur Tim Evakuasi Medis Laut (EML) Lantamal IX Ambon.

Bertempat di are Pantai Dermaga Beaching Mako Lantamal IX Desa Halong Kecamatan Baguala Kota Ambon’, Rabu (22/12).

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan bekal keterampilan EML bagi para mahasiswa dan mahasiswi guna menunjang pengabdian mereka pada masyarakat kelak.

Maluku sebagai salah satu provinsi kepulauan terluas, tidak terlepas dari aktivitas di laut. Sehingga keterampilan EML merupakan kemampuan yang dapat dijadikan suatu modal utama yang bagi Para Mahasiswa.

Lantamal IX sebagai salah satu institusi yang berperan lebih banyak di laut mempunyai kepedulian dalam hal pencegahan dan penyelamatan korban musibah di laut.

Baca Juga: Ombak Hantam Speed Inarissa, 1 Tewas, 6 Dilarikan ke RS

Wujud kepedulian tersebut adalah memberikan bentuk praktek langsung yang memang sangat penting bagi mahasiswa STIkes Maluku Husada Prodi S1 Keperawatan sebelum terjun di medan pengabdian di pulau-pulau terpencil.

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IX Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, yang  diwakili Asintel Danlantamal IX Kolonel Laut (KH)  Fahyudin memberikan apresiasi yang tinggi terhadap kegiatan tersebut, karena merupakan bagian dari operasi militer selain perang (OMSP) yaitu memberikan edukasi secara nyata dan tepat sasaran kepada mahasiswa guna menunjang pengabdian kedepan khususnya bidang kemanusiaan.

Harapannya semoga kegiatan semacam ini bisa dipertahankan dan di tingkatkan guna meningkatkan profesionalitas.

Terselenggaranya kegiatan ini karena kerjasama antara Lantamal IX Ambon, STIkes Maluku Husada dan Rumkital dr. F.X. Suhardjo sekaligus dukungan Satuan Kapal Patroli (Satrol) Lantamal IX serta Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yomarhanlan) IX yang menurunkan tiga unit  perahu karet berikut motoris.

Sebelum dilaksanakan kegiatan problem laut, terlebih dahulu Mahasiswa diberikan penjelasan tata cara penggunaan alat safety yang benar dan beberapa teknik penyelamatan maupun evakuasi di laut.

Di awal pembekalan para instruktur berpesan pada  peserta agar disiplin dan utamakan keselamatan personil maupun materil. Goal kegiatan ini adalah ketepatan serta kecepatan dalam merespons sebuah musibah atau kecelakaan di laut.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini para mahasiswa STIkes Maluku Husada Prodi S1 Keperawatan terlihat antusias.

Adapun beberapa materi yang diberikan dalam pelatihan EML tersebut adalah pertolongan korban tenggelam secara perorangan, pertolongan korban secara tim, pengelolaan korban di perahu karet, bertahan hidup di laut dengan tehnik uitemate serta Resusitasi Jantung Paru. (S-32)