AMBON, Siwalimanews – Bermitra dengan Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM), Lantamal IX Halong, kembali memberikan pelatihan dan praktek problem laut bagi 256 mahasiswa program studi keperawatan, Sabtu (14/5).

Pelatihan dan praktek ini sendiri di berikan oleh 17 instruktur tim evakuasi medis laut bertempat di lokasi Pantai Dermaga Beaching Mako Lantamal IX Halong.

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IX Ambon Brigadir Jenderal TNI (Mar) Said Latuconsina, diwakili Katim EML Lantamal IX sekaligus tim dosen Materi Manajemen Disaster Kelautan UKIM, Kapten Laut (K) Agus Wijaya mengatakan kegiatan ini merupalan kepedulian dalam hal pencegahan dan penyelamatan korban musibah di laut

“Kami mewakili pimpinan TNI AL Lantamal IX Ambon, mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta pelatihan evakuasi medis laut bagi mahasiswa UKIM di Lantamal IX Ambon,” kata Brigjen Latuconsina dalam rilis yang diterima Siwalima.

Menurutnya Lantamal IX sebagai salah satu institusi yang berperan lebih banyak di laut mempunyai kepedulian dalam hal pencegahan dan penyelamatan korban musibah.

Baca Juga: Terbakar, Supir Angkot Kudamati Alami Luka Bakar

Wujud kepedulian tersebut adalah dengan memberikan bentuk latihan praktek langsung di laut, yang memang sangat penting, terutama bagi mahasiswa semester 6 Prodi S1 Keperawatan UKIM sebelum terjun di medan pengab­dian di pulau-pulau terpencil.

“Kegiatan tersebut juga sesuai dengan salah satu perintah harian dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, yaitu menjaga keper­cayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara,” jelasnya.

Lanjut Danlantamal pelatihan ini juga bertujuan untuk memberikan bekal keterampilan evakuasi medis laut bagi para mahasiswa guna menunjang pengabdian mereka pada masyarakat kelak.

Maluku sebagai salah satu provinsi kepulauan dengan luas lautan 92,4 persentidak terlepas dari aktifitas di laut.

“Keterampilan evakuasi medis laut merupakan kemampuan yang dapat dijadikan suatu modal utama bagi para peserta latihan,” ujarnya.

Terselenggaranya kegiatan ini juga tambahnya merupakan kerja sama antara Lantamal IX Ambon dengan UKIM dan tim kesehatan EML Lantamal IX sekaligus dukungan Satuan Kapal Patroli (Satrol) serta Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yomarhan­lan) IX yang menurunkan 2 perahu karet berikut motoris dan tim penyelamnya.

Satu tim dosen UKIM Vanny Leutualy yang mendampingi mahasiswa mengatakan kalau pihaknya berterima kasih kepada pihak Lantamal IX Halong

“Kami dari tim dosen manajemen disaster kelautan UKIM mengucap­kan terima kasih kepada Lantamal IX Ambon atas kesempatan yang diberikan kepada mahasiswa kami untuk melaksanakan latihan praktek di Lantamal IX,” ucap Vanny.

Dikatakan Llatihan evakuasi medis laut, merupakan salah satu materi dari manajemen disaster kelautan yang ada di Prodi S1 Keperawatan UKIM.

“Kami berharap latihan ini bisa menjadi bekal mahasiswa kelak dalam pengabdiannya kepada masyarakat terutama di wilayah terpencil di Provinsi Maluku,” tandasnya.

Sebelum dilaksanakan kegiatan problem laut, para mahasiswa terlebih dahulu diberikan penjelasan tata cara penggunaan alat safety yang benar dan beberapa teknik penyelamatan maupun evakuasi di laut.

Di awal pembekalan para instruktur berpesan kepada para peserta agar disiplin dan utamakan keselamatan personil maupun materiil dengan harapan para peserta dapat dengan tepat dan cepat dalam merespon musibah atau kecelakaan di laut.

Bersihkan Pantai

Selain mendapatkan pelatihan ratusan mahasiswa juga bersama dengan anggota TNI AL melakukan aksi bersih laut dan pantai di Dermaga Beaching Lantamal IX

Kegiatan yang dilaksanakan sebagai aksi kepedulian Lantamal IX Ambon terhadap kebersihan lingkungan terutama pantai dan laut.

Dalam sambutannya Komandan Lantamal IX Ambon Brigjend TNI (Mar) Said Latuconsina, yang diwakili oleh Wakil Komandan Lantamal IX Kolonel Laut (P) Eka Prabawa, menyampaikan bahwa gerakan bersih laut dan pantai yang dilaksanakan ini adalah rangkaian dari kegiatan pelatihan Evakuasi Medis Laut mahasiswa prodi S1 Keperawatan UKIM.

“Event kali ini diadakan dua kegiatan, yaitu pelatihan EML dan aksi bersih laut dan pantai di Dermaga Beaching Lantamal IX, saya sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan ini karena dapat mewujudkan kebersihan dan keindahan lingkungan khususnya di Teluk Ambon ini”, tutur Wadan Lantamal IX.

Ditambahkan kegiatan ini selaras dengan salah satu perintah harian dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, yaitu menjaga keperca­yaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara.

Aksi gerakan bersih laut dan pantai ini di ikuti oleh para peserta mengambil sampa-sampah yang berserakan di pantai teluk dalam Ambon yang kemudian dikumpul­kan, selanjutnya oleh tim pembersi­han Lantamal IX sampah-sampah tersebut kemudian di buang di Tempat Pembuangan Akhir. (S-07)