AMBON, Siwalimanews – Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon menggelar upacara peringatan HUT TNI AL ke-74 tahun 2019 yang dipusatkan di lapangan Apel Mako Lantamal IX, Selasa (10/9).

Kepala Staf TNI AL Laksamana Siwi Sukma Adji dalam sambutannya yang dibacakan Danlantamal IX  Laksamana Pertama TNI Budi Purwanto mengatakan, selama 74 tahun TNI AL telah menunjukkan jati dirinya sebagai komponen pertahanan negara yang tangguh ditengah perubahan lingkungan strategis yang kian dinamis.

“Ancaman tradisional dan non tradisional pada lingkup nasional dan regional menuntut perhatian terus menerus dan tindakan mitigasi yang tepat,” kata Kasal.

Menurutnya, selama ini TNI AL telah secara aktif terlibat dalam menjamin kepentingan maritim Indonesia, terutama pada pelaksanaan tugas sesuai amanat Undang – Undang sesuai pasal 9 Undang – Undang  Nomor 34 tahun 2004 yakni bidang pertahanan matra laut, menegakkan hukum dan keamanan maritim, diplomasi maritim, pembangunan dan pengembangan kekuatan maritim serta pembinaan wilayah pertahanan laut.

Pada kesempatan itu, Kasal ,enghimbau kepada seluruh prajurit TNI AL dimanapun bertugas untuk tingkatkan keimanan dan ketaqwaan  kepada Tuhan YME serta amalkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai landasan pengabdian kepada bangsa dan Negara, jawab tantangan bangsa ke depan dengan upaya membangun SDM TNI AL yang unggul, kembangkan diri dan tingkatkan kesiapsiagaan, jalin semangat persatuan dan kesatuan bangsa dengan semua lapisan masyarakat dan kembangkan intuisi maupun naluri sebagai prajurit matra laut.

Baca Juga: Kapolres: Dojang Polres Terus Tingkatkan Prestasi

Hadir dalam upacara tersebut para asisten Danlantamal IX, asintel Guspurla Armada III, kasatker/kadis jajaran Lantamal IX Ambon, para perwira Guspurla Armada III, para Kasatker Lantamal IX, perwira, bintara, tamtama, PNS Lantamal IX serta prajurit Yonmarhanlan IX. (S-21)