AMBON, Siwalimanews – Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku Klasis Pulau Ambon Timur mengandeng Green Molucas melakukan aksi penanaman 300 anakan mangrove di Pantai Lateri, Kecamatan Baguala, sebagai bentuk kepedulian lingkungan.

Kegiatan ini dihadiri oleh 100 perwakilan anggota AMGPM yang berada pada sembilan cabang dan 60 ranting yang tercatat berada di wilayah Klasis Pulau Ambon Timur. kegiatan ini dihadiri oleh pengurus besar klasis ambon timur, termasuk Sekretaris Klasis Pulau Ambon Timur, Ketua Majelis Jemaat Lateri, Lurah Lateri.

Dalam sambutan, Sekretaris Klasis Pendeta Febby Sogupnuan menuturkan, pelaksanaan penanaman ini sesuai dengan hasil keputusan sidang klasis GPM  Pulau Ambon Timur ke IX guna melakukan program penanaman mangrove di daerah pesisir di kawasan pelayanan klasis tersebut.

Oleh sebab itu, guna mewujud-nyatakan program yang digagas tersebut, maka klasis bersama angkatan muda bersama menjalan program ini dengan menggandeng Green Molucas, untuk bersama menjaga ekosistem mangrove yang ditanam dan dipelihara.

“Mengajak pemuda gereja untuk peduli, rawat alam lingku­ngan. Tak hanya seremonial tapi bagaimana cara kita setelah ini untuk tidak merusak apa yang sudah ditanama,” paparnya dalam sambutan di Ambon, Kamis (10/6).

Baca Juga: HRS Gelar Talkshow di Pulau Haruku

Diakuinya langkah peduli lingkungan ini tak hanya berhenti sampi di penanaman mangrove saja, namun menjaga lingkungan untuk bersih dari sampah plastik juga telah dijalankan dan dicanangkan oleh pihaknya sejak Sabtu pekan lalu.

Menyebutkan hal yang sama Ketua AMGPM DPAT, Alfred Loupatty, menyahuti amanah sekla yakni akan merawat dan menjaga mangrove bukan hanya formalitas, namun akan terus dipelihara.

“Kami berkomitmen tidak saja menanam, tapi juga akan men­-jaga dan merawat keberlang­sungan hidup mangrove diwila­yah kawasan pesisir,” tandasnya.

Dirinya juga menambahkan tak hanya penanaman mangrove namun pemeliharaan dalam hal ini menjaga agar tak tercemar dengan sampah plastik juga menjadi tanggung jawab penuh para garda terdepan GPM ini.

Ditemui ditempat yang sama, Lurah Desa Lateri, Laurens Sopamena yang juga menghadiri kegiatan  tersebut memberi apresiasi penuh pada langkah gereja yang membantu pemerin­tah guna menjaga alam pesisir ini.

“Atas nama Pemerintah kelurahan Lateri kami menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya untuk teman-teman angkatan muda maupun klasis Ambon Timur yang berinisiatif untuk menanam Mangrove di sepanjang pantai Lateri,” tandasnya. (S-52)