AMBON, Siwalimanews – Libur aktivitas belajar me­ngajar kembali diperpanjang oleh Pemkot Ambon hingga 13 Mei 2020.

Proses belajar siswa tetap dilakukan dari rumah. Langkah ini dilakukan sebagai upaya untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19.

“Iya semua memang tetap diperpanjang sampai tanggal 13 Mei,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon, Fahmy Salatalohy, saat dihubungi Siwalima, Selasa (21/4).

Salatalohy mengatakan, pihaknya tetap melakukan pengawasan ter­hadap guru untuk memastikan mereka tetap melaksanakan tang­gung jawab.

“Jadi kami tetap mengawasi guru dan guru tetap mengawal  dan mengevaluasi proses pembelajaran setiap hari,” ujarnya.

Sebelumnya aktivitas belajar mengajar di sekolah dari tingkat PAUD, TK, SD, hingga SMP dili­burkan sejak Selasa 17 Maret hingga Selasa 31 Maret, dan kembali diper­panjang terhitung 1 April hingga 2 minggu kedepan.  Hal ini juga berlaku bagi ASN.

Para siswa akan belajar dari rumah. Begitupun ASN bekerja dari rumah. Langkah yang dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona.

“Karena  itu, pemkot mengambil keputusan menambah waktu bekerja dan belajar dari rumah selama 2 minggu,” kata Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler saat dihubungi Siwalima melalui telepon seluler­nya, Kamis (26/3).

Syarif mengatakan,  kebijakan yang diambil didasarkan pertimba­ngan untuk mengantisipasi penye­baran virus corona. “Jadi sekolah juga akan diperpanjang masa libur­nya termasuk ASN,” katanya.

Selain itu, gugus tugas perce­patan penanggulangan virus corona atau Covid-19 Pemkot Ambon juga terus menghimbau masyarakat un­tuk tetap melakukan sosial distancing.

“Kita terus lakukan sosialisasi dan memberikan pemahaman meng­edukasi masyarakat untuk tetap da­lam pergaulan, keseharian menjaga jarak dimanapun mereka berada ter­masuk di swalayan itu mereka harus jaga jarak,” ujar Hadler. (Mg-6)