AMBON, Siwalimanews – Untuk kedua kalinya, Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPD PDIP) Provinsi Maluku Murad Ismail tak menghadiri hajatan partai besutan Megawati Soekarno Putri tersebut.

Bagaimana tidak saat rapat kerja daerah dan rapat koordinasi DPD PDIP Maluku, yang berlangsung di Pacifik Hotel pada 30 Agustus kemarin, tidak dihadiri juga oleh Murad Ismail selaku Ketua DPD PDIP Maluku.

Murad Ismail yang juga Gubernur Maluku ini, lebih memilih bertolak ke Kabupaten Kepulauan Tanimbar, untuk mengecek kesiapan kunjungan Presiden Joko Widodo ke kabupaten tersebut pada 1-2 September.

Padahal rakerda dan rakor yang digelar itu dalam rangka menindaklanjuti hasil Rakernas DPP PDIP beberapa waktu lalu itu, dibuka Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Koperasi Mindo Sianipar.

Kali ini, Murad Ismail juga tak menghadiri agenda partai berupa pelatihan dan pendidikan kader yang berlangsung di Wisma Gonsalo Ambon, pada Sabtu (5/11) yang dibuka oleh Ketua DPP PDIP Bidang Ideologi dan Kaderisasi Djarot Saiful Hidayat juga dihadiri oleh para petinggi DPP lainnya seperti Komarudin Watubun, Mindo Sianipar dan Sukur Nababan.

Baca Juga: Rakerda PDIP Berlangsung Tanpa Dihadiri Ketua DPD

Kepala Bidang Ideologi dan Kaderisasi DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat saat dikonfirmasi wartawan terkait ketidak hadiran Murad Ismail selaku ketua DPD dalam agenda partai kali ini menjelaskan, dalam sistem kepartaian PDIP, tidak dilihat dan bergantung dari personal Ketua DPD, tetapi partai itu tergantung pada ideologi dan sistem kepartaian.

Sehingga ketika Ketua DPD tidak bisa hadir karena alasan yang bisa diterima, yaitu sakit, maka partai akan tetap terus berjalan.

“Jadi kita tidak tergantung orang perorang, tetapi tergantung pada sistem, sistem tergantung pada ideologi, karena arah kita kesana dan perintah untuk kaderisasi menjalankan program partai secara maksimal,” jelas mantan Wakil gubernur DKI ini.

Ia juga mengaku selain, Ketua DPD ada kader lain juga yang tak hadir namun, tak ada masalah, seperti Lucky Wattimuri dan juga Edwin Huwae dan beberapa kader lainnya.

“Walaupun demikian, saya berikan apresiasi kepada DPD PDIP Maluku, karena bisa melaksanakan seluruh agenda kepartaian ini  dengan baik dan ini luar biasa,” ucap Djarot.(S-25)