AMBON, Siwalimanews – Pemerintah Kota Ambon membuka kesempatan bagi pegawai non ASN dan tenaga honorer untuk mengambil kesempatan menjadi bagian dari pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) tahun 2024.

Pendaftaran menjadi PPPK resmi telah dibuka Pemkot Ambon dalam dua tahap. Tahap pertama dilakukan pada 1-20 Oktober dan tahap kedua pada 17 November hingga 31 Desember.

Proses seleksi PPPK akan dilaksanakan dua tahap sesuai arahan Kemenpan-RB,” kata Penjabat Walikota Ambon Dominggus Kaya saat memimpin apel di halaman Balai Kota, Kamis (3/10).

Dikatakan, Pemkot Ambon sudah mengeluarkan pengumuman sementara untuk proses seleksi CPNS.

“Sesuai arahan dari Kemenpan-RB, semalam sudah diumumkan penerimaan PPPK termasuk Kota Ambon yang akan dibagi menjadi dua tahap,” ungkapnya.

Baca Juga: Personel Brimob Lakukan Patroli Kamtibmas

Kuota formasi  yang diterima Pemkot Ambon tahun anggaran 2024 ujarnya, sebanyak 2.144 formasi.

Jumlah itu untuk PPPK terdapat 1.299 eks THK II dan non ASN yang terdata di BKN. Mereka ini yang nantinya akan masuk tahap pertama pada 1-20 oktober yang diperuntukan bagi pelamar prioritas (pelamar guru dan D-IV bidang pendidikan tahun 2023) dan eks tenaga honorer kategori II (eks THK II), terangnya.

Kemudian, bagi yang belum mendaftar sebanyak 845. Nantinya akan mengikuti tahap II dimulai pada 17 November hingga 31 Desember.

“Dengan pelamar tenaga non ASN yang aktif bekerja di instansi pemerintah (termasuk PPG untuk formasi guru di instansi daerah ) dengan syarat paling sedikit 2 tahun terakhir secara terus menerus,” jelasnya.

Kaya meningkatkan proses pendaftaran perlu dilakukan dengan benar serta perlu ketelitian dengan seksama agar tidak terjadi kesalahan dalam pemberkasan administrasi.

Menurutnya hal-hal tersebut dapat mengakibatkan          masalah dikemudian hari yang tentunya dapat merugikan diri pribadi.

“Tolong koordinasikan dengan BKSDM yang siap untuk melayani, supaya jangan sampai bapak ibu punya kesempatan yang baik ini bisa menjadi gagal atau tidak terpenuhi karena hal-hal kecil,” pintanya.

Untuk itu dia berharap agar calon pelamar memperhatikan hal-hal sepele yang justru dianggap enteng.

“Perhatikan baik-baik persyaratan supaya semua yang dijalani bisa berjalan dengan lancar,” tandasnya. (S-29)