AMBON, Siwalimanews – Ketua Komisi I DPRD Kota Ambon Jafri Taihuttu mengaku,  KPUD Kota Ambon mengusulkan anggaran untuk pelaksanaan Pilkada 2024 nanti sebesar Rp39 miliar.

Usulan itu disampaikan KPU Kota dalam pertemuan bersama Komisi 1 DPRD Kota Ambon, di ruang komisi, Rabu (13/9).

“Pertemuan tadi dalam rangka hearing antar Komisioner KPUD Kota Ambon dan Komisi I guna membahas terkait usulan dana hibah pemkot untuk kebutuhan Pilkada Kota Ambon di tahun 2024 dan anggaran yang diusulkan KPU kota sebesar Rp39 miliar, yang nantinya terbagi dari hibah Pemkot Ambon dan juga Pemerintah Provinsi Maluku,” ungkap Jafri kepada Siwalimanews di Baileo Rakyat Belakang Soya, usai pertemuan itu.

Menurut Jafri, hearing antara KPU Kota dengan Komisi I dilakukan, karena tahapan Pilkada mulai berjalan. Sementara menyangkut berapa besar dana hibah yang nantinya berasal dari Pemkot Ambon, belum diketahui pasti, karena akan dilihat dari rasionalisasi anggaran yang dimilikii pemkot.

“Nanti kita akan gelar rapat juga bersama dengan pak sekot dan lainnya untuk bicarakan hal ini, sebab berbicara dana hibah, itu bicara soal keputusan politik antara pemkot dan DPRD,” jelas Jafri.

Baca Juga: Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemula, KPU Gelar Goes to Campus

Sedangkan terkait hal ini juga menurut Jafri, jajaran Pemprov Maluku juga telah melakukan pertemuan dan koordinasi.

“Kita berharap Pilkada Kota Ambon di tahun 2024 nanti sukses, sehingga akan dilihat penganggarannya. Kita belum tahu postur anggaran Kota Ambon bagaimana, sehingga nanti kami akan rapat lagi untuk melihat rasionalisasi anggaran, apakah akan masuk dalam APBD Perubahan 2023, atau APBD murni tahun 2024 nanti,” jelas Jafri.(S-25)