AMBON, Siwalimanews –  memasuki H-2 jelang Pemilihan Umum Legislarif (Pileg) dan Pemilihan Presiden-Wakil Presiden, Komisi Pemilihan Umum Kota Ambon  mulai mendistribusikan logistik pemilu.

Ketua KPU Kota Ambon M Shaddek Fuad kepada wartawan di sela-sela pendistribusian logistik, Senin (12/2) menjelaskan, untuk hari pertama pendistribusian di wilayah Kota Ambon, akan didistribusikan ke k tiga Kecamatan, yakni Kecamatan Leitimur Selatan, Teluk Ambon dan Kecamatan Baguala.

“Untuk Teluk Ambon itu mines Desa Rumatiga, sedangkan untuk Kecamatan Baguala itu keseluruhan. Dan Leitisel juga keseluruhan,” ucap Fuad.

Selain tiga Kecamatan itu kata Fuad, hari ini juga logistk pemilu didistribusikan untuk satu negeri di Kecamatan Sirimau, yaitu Negeri Batu Merah untuk TPS 1 sampai TPS 70an.

Seluruh logistik itu, akan diturunkan di setiap kantor desa/negeri dan kelurahan pada masing-masing kecamatan.

Baca Juga: Gaspersz Ingatkan ASN di DPRD Kota Netral

“Semua diturunkan di kantor desa/negeri dan kelurahan,” ujar Fuad.

Sementara untuk pendiatribusian berikutnya menurut Fuad, akan dilakukan untuk Kecamatan Nusaniwe secara keseluruhan, dan Kecamatan Sirimau, plus Batu Merah.

“Pada Pendistribusian besok (Selasa), akan diturunkan langsung ke masing-masing TPS. Hari ini yang ke kantor desa/negeri dan kelurahan,”jelasnya.

Menurutnya, sistem distribusi ini dilakukan oleh pihak PT  Pos Indonesia yang telah bekerja sama dengan KPU. Pendistribusian ini akan dilakukan bersama perangkat KPU ditingkat kecamatan dan desa, yang tentu akan dikawal oleh personel kepolisian pada masing-masing level, hingga nanti ke KPPS yang didampingi oleh petugas dari kepolisian yang bertugas pada masing-masing TPS.

“Nantinya ditambah dengan petugas penertiban yang sudah dibentuk KPU dimasing-masing TPS, dan juga dukungan pengamanan dari pihak TNI,” jelasnya.

Untuk diketahui, masing-masing TPS akan memperoleh 5 kotak suara, dikali jumlah TPS. Sehingga seluruhnya berjumlah 4.700 kotak surat suara yang akan dibagikan ke 940 TPS se-Kota Ambon.(S-25)