NAMLEA, Siwalimanews – Koperasi Produsen Al Buruuj Usaha Mandiri sukses menggelar Rapat Anggota Tahunan tahun buku 2022 yang digelar di ruang pertemuan kompleks Masjid Agung Al Buruuj, Namlea,  Jumat (17/3).

Ketua Koperasi Produsen Al Buruuj Usaha Mandiri Junaid Payapo mengatakan, RAT tahun buku 2022 diselenggarakan dalam rangka  mempertanggungjawabkan laporan kegatan usaha koperasi dan penetapan rencana usaha koperasi di tahun 2023.

“Koperasi ini didirikan sejak tahun 2016 dan telah dilakukan perubahan akta badan hukum koperasi dari koperasi konsumen Al Buruuj Mandiri menjadi Koperasi Produsen Al Buruuj Usaha Mandiri,” ujarnya.

Koperasi ini kata Payapo, pada tahun 2022 kemarin telah membangun kerja sama dalam peningkatan usaha perikanan dengan Dinas Perikanan Buru dan PT Emira Bhaskara Industri sebagai salah satu perusahan yang bergerak di sektor perikanan.

Sementara itu, Koordinator Kelompok Distribusi Produk Kelautan dan Perikanan Direktorat Logistik Ditjen Ditjen PDSPKP-KKP Jhony Haryono mengaku, dengan potensi perikanan yang sangat besar di Pulau Buru, khususnya Kabupaten Buru, Koperasi Produsen Al Buruuj Usaha Mandiri sebagai koperasi perikanan perlu meningkatkan kapasitas nelayannya dalam pengelolaan dan pemanfaatan potensi tersebut, salah satunya ikan tuna.

Baca Juga: Jaksa Banding Putusan Raja Sirosori Islam

“Hal ini juga menjadi implementasi dalam mendukung program LIN di Maluku. Kami juga bersedia untuk jadi penghubung bagi Koperasi Produsen Al Buruuj Usaha Mandiri dalam menyampaikan kebutuhan sarana dan prasarana dalam usaha perikanannya di KKP,” ujar Jhony.

Direktur PT Emira Bhaskara Industri Bhaskoro Rachmayanto menambahkan, selaku mitra usaha Koperasi Produsen Al Buruuj Usaha Mandiri yang telah melakukan kerja sama akan melakukan pendampingan kepada nelayan dalam pengolahan ikan dan menerima semua hasil tangkapan ikan dari nelayan binaan koperasi untuk di ekspor ke luar negeri.

Sedangkan anggota pengawas Koperasi Produsen Al Buruuj Usaha Mandiri Muhammad Mukadar, mengaku, dukungan dan harapan agar koperasi ini melalui pengurus yang baru mampu untuk menjalankan usaha koperasi secara aktif dan memberikan manfaat bagi seluruh anggota yang lebih baik ke depan.

Kabid Kelembagaan dan Pengawasan Koperasi pada Dinas Koperasi Buru Lili Rahman Soulisa mengapresiasi Koperasi Produsen Al Buruuj Usaha Mandiri yang telah melaksanakan RAT. Ini menjadi bukti pertanggungjawaban pengurus koperasi kepada anggotanya terkait usaha koperasi yang telah dilakukan di tahun 2022 dan rencana kerja di tahun 2023.

“Harapan ke depan pelaksanaan RAT dapat dilaksanakan di awal tahun sehingga dapat mencapai predikat yang sangat baik,” harapnya.(S-15)