AMBON, Siwalimanews – Konsulat Jenderal Australia untuk Indonesia yang berkedudukan di Makassar, Todd Dias melakukan kunjungan kerja ke Balai Kota Ambon.

Kedatangan Todd dan rombongan diterima Asisten Administrasi Umum Sekot Ambon Robby Sapulette serta pimpinan OPD lainnya, Rabu (24/4).

Usai pertemuan, Sapulette mengaku kedatangan Todd dan rombongan ke Pemkot Ambon salah satunya terkait dengan rencana kerjasama kedua pihak.

“Ada banyak hal yang diperbincangkan, teristimewa terkait peningkatan Sumber Daya Manusia, kerja sama investasi, terkhususnya bagi UMKM dan ekonomi kreatif, termasuk pengaktifan kembali Yacht Race Darwin-Ambon, agar dapat dilaksanakan di tahun depan,” terang Sapulette.

Selain itu juga Pemerintah Australia melalui Australia Award akan memberikan kesempatan bagi warga Indonesia untuk studi pada berbagai universitas di Australia.

Baca Juga: Diduga Swalayan di Bula Manipulasi Harga Barang

“Kita tetap melakukan penjajakan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, kalau bisa tahun depan,” ungkapnya.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Mr. Todd Dias selaku Konsul Jenderal Australia di wilayah kerja Indonesia Timur.

Menurutnya, penjajakan ini agar kerjasama dengan pemkot dapat berjalan baik, dengan fokus utama yakni peningkatan kapasitas SDM, guna menembangkan sektor Perikanan seperti yang diminta oleh pemerintah.

“Jadi untuk spesifik bagaimana bisa membantu untuk SDM misalnya; ada beberapa beasiswa yang ditawarkan di Australia, ada beasiswa untuk S2, dan S3, dan kursus singkat,” katanya.

Ditandaskan, kursus singkat yang akan diberikan akan berada pada 10-20 topik pertahun, yang tentunya berkaitan dengan dengan kebutuhan Indonesia Timur, sehingga SDM di kota ini siap menghadapi pengembangan sektor perikanan di tahun-tahun yang akan datang.(S-29)