AMBON, Siwalimanews – Komisi I DPRD Kota Ambon, Jumat (22/7) kemarin, melakukan kunjungan ke sejumlah Puskesmas di Ambon yang mengalami kerusakan.

Kunjungan yang turut melibatkan Kadis Kesehatan Kota Ambon itu, untuk melihat langsung kondisi puskesmas yang mengalami kerusakan akibat hujan lebat yang mengguyur Kota Ambon beberapa waktu belakangan ini.

Mengingat intensitas hujan masih cukup tinggi, sehingga ditakutkan, kerusakan akan bertambah parah, terutama dibagian atap-atap puskesmas yang bocor, yang nantinya, berdampak pada pelayanan kepada  masyarakat tidak maksimal.

“Komisi 1 bersama Kadis Kesehatan lakukan kunjungan ke beberapa puskesmas yang mengalami kerusakan akibat hujan,” ungkap anggota Komisi I Saidna Azhar Bin Tahir, kepada Siwalimanews, Sabtu (23/7)

Saidna juga menyebutkan, puskesmas yang dikunjungi, yakni Puskesmas Belakang Soya, Amahusu, Air Salobar, Hative Kecil dan Puskesmas Hutumuri.

Baca Juga: Polresta Gagalkan Penyelundupan 100 Gram Sabu Jaringan Kalimantan

“Dari hasil pantauan kita, memang ada kerusakan berat, terutama pada atap. Oleh karena itu kita melakukan kunjungan itu agar kondisinya menjadi perhatian pemkot. Saya berharap, kondisi ini dapat ditangani serius sesuai 11 program prioritas Penjabat Walikota, dimana salah satunya adalah terkait optimalisasi pelayanan dasar,” ucapnya.

Menurutnya, puskesmas, yang merupakan sektor pelayanan dasar, harus diprioritaskan untuk diperbaiki kerusakannya.

“Ada terjadi kebocoran dibeberapa sisi atap puskesmas, dan ketika hujan, maka pelayanan di puskesmas-puskesmas itu tidak dapat dilakukan secara maksimal,”katanya.

Oleh karena itu, kata Saidna, pihaknya akan mengusulkan ke pihak Badan AggarAN DPRD terkait kerusakan itu, sehingga bisa dianggarkan pada APBD-Perubahan tahun 2022.

“Paling tidak ada perhatian dari pemerintah yang sifatnya urgensi, agar diatasi, jangan diabaikan,” tuturnya. (S-25)