NAMLEA, Siwalimanews – Kodim 1506 Namlea menggandeng Asosiasi Kabupaten PSSI Untuk menyelenggarakan Liga Santri Tingkat Kabupaten Buru.

Pasiter Kodim 1506 Namlea, Kapten Inf A Tumenggung dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Rabu (16/2) menjelaskan, kompetisi sepak bola Liga Santri yang memperebutkan Piala Kasad akan mulai digelar sekitar dua minggu setelah Lebaran tahun ini.

“Liga Santri akan diawali dengan penyisihan tingkat kabupaten/kota dan akan berlanjut ke tingkat provinsi,” tulis Pasiter dalam rilisnya.

Semua ini kata Pasiter, akan diawasi oleh Askab dan Asprov PSSI, bekerja sama dengan Komando Wilayah TNI AD setempat.

Selanjutnya tim terbaik dari kabupaten/kota di Maluku akan berkompetisi di tingkat provinsi dan satu tim terbaik akan melangkah  ke putaran nasional, yang rencananya berlangsung di Jakarta.

Baca Juga: Selesaikan Masalah Kariu dan Ori, DPRD Bakal Bentuk Pansus

“Sesuai rencana, pembukaan digelar di Jawa Timur dan penutupan di di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta. Semoga nanti sudah bisa dengan penonton,” ujar Pasiter.

Menurutnya, khusus di Kabupaten Buru dan Buru Selatan,  seleksi Liga Santri mulai disosialisasikan ke setiap pesantren, sesuai harapan Kasad Jenderal Dudung Abdurachman, nantinya liga ini dapat menghasilkan bibit-bibit unggul persepakbolaan nasional.

Kasad  juga ingin Liga Santri  dapat menjadi wadah silaturahmi para santri yang ada di Indonesia.

“Menjalin silaturahmi itu penting, apalagi antar santri di Indonesia. Kami pun berharap liga ini dapat menghasilkan atlet dengan karakter bagus dan sportivitas yang tinggi,” harap Pasiter.

Ia berharap, seleksi Liga Santri tingkat Kabupaten Buru dan Buru Selatan ini akan mampu mendapatkan tim terbaik, bibit muda berbakat yang berusia di bawah 18 tahun.

Nantinya, tim berkekuatan 25 pemain ini akan dibawa bertanding di seleksi tingkat provinsi Maluku di Ambon. (S-15)