AMBON, Siwalimaanews – Kodam XVI Pattimura terus melakukan inovasi dan kegiatan demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Salah satunya mengandeng Universitas Pattimura untuk merencanakan kegiatan On Job Training (OJT) Perikanan.

Dalam pertemuan tersebut hadir Kodam diwakili oleh Kolonel Arh Hasto Respatyo, Kolonel Czi Syarifudin, selaku Pengawas Program Mutiara Pattimura Bidang Perikanan,dan Pabandya Wanwil Sterdam XVI Pattimura juga PNS Jefry selaku Koordinator Keramba Jaring Apung (KJA).

Pertemuan yang dipimpin langsung oleh Dekan Fakultas Perikanan Yoisye Lopulalan, turut menghadirkan Kepala Jurusan Budidaya Fakultas Perikanan Unpatti, Joice W. Loupatty, Kaprodi Perikanan serta Kabag Akademik Fakultas Perikanan.

Dalam waktu dekat ini, direncanakan bagi mahasiswa Fakultas Perikanan akan melaksanakan OJT di Keramba Jaring Apung Milik PNS Jefry, yang telah mengelola KJA tersebut selama bertahun- tahun.

“Materi yang nantinya dilaksanakan selama OJT meliputi budidaya keramba, pakan ikan, pengetahuan penyakit ikan, manajemen pemeliharaan dan penanganan pasca panen” kata Kolonel Hasto dalam rilis yang diterima Siwalima, Rabu (11/5).

Baca Juga: Pria 40 Tahun Ditemukan Tewas di Salon Vina

Sementara itu Dekan Fakultas Perikanan pun turut antusias menyambut kerja sama ini.

“Kami berharap kerja sama se­perti ini terus dilanjutkan dan di­kembangkan, selain membawa man­faat bagi masyarakat juga da­pat mengembangkan ilmu pe­nge­tahuan dan pengalaman bagi ma­hasiswa perikanan,” ujar dekan.

Ketua jurusan Budidaya Fakultas Perikanan Unpatti Joice W. Loupatty juga berharap bahwa program bersama ini akan dapat mencapai tujuan yang saling  melengkapi.

“Kodam memberikan pendampi­ngan dalam aplikasi di lapangan, sedangkan Unpatti dari segi keilmuan di bidang perikanan sehingga keramba yang ada selain berfungsi sebagai sarana belajar, tapi sekaligus dapat berkembang dalam pengelolaan­nya,” tandasnya. (S-09)