AMBON, Siwalimanews – Kodam XVI Pattimura menambah satuan baru bermana Batalyon Infanteri (Yonif) 735 Nawasena yang bermarkas di Desa Ibra, Kecamatan Kei Kecil, Kabupaten Maluku Tenggara.

Yonif 735 Nawasena diresmikan oleh Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Syafrial yang ditandai dengan pembukaan selubung lambang kesatuan “Vira Manggala Dharma Satya” sekaligus menyerahkan kepada Danyonif 735/Nawasena serta penandatanganan prasasti.

Saat bersamaan juga dilakukan alih kodal 2 kompi senapan Yonif 731 Kabaresi dan 2 kompi senapan Yonif 734 Satria Nusa Samudra menjadi kompi-kompi di Yonif 735 Nawasena.

Dalam arahannya, jenderal dua bintang itu mengaku pembentukan Yonif 735 Nawasena merupakan realisasi dari kepercayaan masyarakat, pemerintah daerah dan segenap komponen yang ada di wilayah Malra.

“Peresmian yang kita laksanakan hari ini, menandai bertambahnya gelar kekuatan TNI Angkatan Darat di wilayah Kodam XVI Pattimura,” terang Pangdam.

Baca Juga: Ribuan Warga Flobamora Hadiri Perayaan Natal

Kehadiran yonif ini menurutnya telah melalui berbagai pertimbangan dan kajian yang mendalam secara cermat dan seksama terhadap berbagai aspek.

Untuk itu dirinya berharap kepada segenap personil Yonif 735 Nawasena agar menjaga dan memelihara kepercayaan yang telah diberikan oleh pimpinan TNI AD dan masyarakat dengan sebaik-baiknya.

“Jaga silaturahmi serta jalin komunikasi, bangun sinergitas, solidaritas dan kolaborasi yang baik dengan Polri, pemda dan masyarakat untuk mewujudkan situasi wilayah yang aman dan kondusif,” tegasnya.

Selain itu terus tingkatkan kualitas sumber daya prajurit yang profesional, memiliki semangat dan etos kerja yang tinggi.

“Segera menyesuaikan diri dengan lingkungan wilayah tugas yang ada serta pahami adat istiadat dan kearifan lokal masyarakat di wilayah,” pintanya.

Setelah upacara peresmian acara dilanjutkan dengan pemotongan pita dan penanaman pohon, dan peninjauan pangkalan didampingi tamu undangan yang hadir. (S-09)