AMBON, Siwalimanews – Kodam XVI Pattimura siap me­nyukseskan pembangunan perta­nian di sejumlah kabupaten kota demi mendukung program ketaha­nan pangan nasional.

Saat ini, banyak program yang digalakkan di Satuan jajaran Kodam XVI Pattimura sesuai dengan ins­truksi Presiden Joko Widodo dalam program Nawacita khususnya keta­hanan pangan.

Melalui Kebun “Basudara Patti­mura” yang bekerjasama dengan Fakultas Pertanian Universitas Patti­mura, Kodam XVI Pattimura mem­bantu masyarakat menyediakan dan memasarkan hasil olahan di bidang pertanian, perkebunan, perikanan dan UMKM.

Hal tersebut diutarakan Aster Kasdam XVI Pattimura, Kolonel Inf Hasandi Lubis saat akan mengikuti vicon Ketahanan Pangan Nasional dalam rangka HUT TNI ke-78 de­ngan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, bertempat di Kebun “Basudara Pattimura, Rabu (01/11).

Dikatakan Aster, kurang lebih dalam kurun waktu 2 tahun, sudah banyak hal yang dilakukan oleh prajurit Kodam XVI Pattimura yang bekerja sama dengan mahasiswa, kelompok tani, bahkan dari perban­kan dengan memberikan pelatihan mandiri.

Baca Juga: Pemilu Damai Disosialisasikan

“Sesuai instruksi dari bapak Pre­siden dan perintah bapak KASAD, TNI AD dalam hal ini Kodam XVI Pattimura harus ikut mendukung dan membantu pemerintah daerah meningkatkan ketahanan pangan,” katanya.

Saat ini, tanaman hortikultura dan perikanan lele merupakan salah satu prioritas sumber daya alam yang efektif dan memiliki potensi menjaga kestabilan pangan.

Usaha ini pada akhirnya dapat mendongkrak kesejahteraan masya­rakat”, ungkapnya.

Selain itu, kegiatan panen ini tidak hanya dapat memperbaiki bidang perekonomian saja, melainkan men­jadi salah satu instrumen untuk me­nekan inflasi termasuk mengurangi angka stunting.

Dalam kesempatan tersebut dila­kukan panen lele dan labu yang ada di Kebun “Basudara Pattimura.

Ikut melakukan kegiatan panen lele dan labu yakni Kasdam XVI Patti­mura Brigjen TNI Agung Pambudi yang turut hadir dalam kegiatan mewakili Pangdam bersama Kadis Pertanian Maluku Ilham Tauda, Wakil Rektor Unpatti.

Kemudian Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena, Danlanta­mal IX Ambon, Irdam XVI Pattimura, Kapok Sahli Pangdam XVI Patti­mura, beberapa asisten dan kabalak serta sejumlah pejabat forkopimda Maluku.

Secara konkret, panen ini merupa­kan keberhasilan dari kolaborasi yang apik antara TNI dengan  para petani, mahasiswa dan pemerintah daerah maupun instansi terkait, dalam mewujudkan dan meningkat­kan swasembada pangan skala na­sional, khususnya di wilayah Ma­luku.

Usai panen, dilanjutkan mengikuti vicon bersama Wapres dan Panglima TNI Laksamana TNI H. Yudo Margono.

Selain itu, Wapres juga mem­berikan bibit padi kepada Poktan dan bantuan sembako kepada mas­yarakat setempat. Kegiatan ditutup dengan penebaran benih ikan dan foto bersama. (Mg-3)