PEMBENTUKAN Kampung Keluarga di wilayah Maluku Barat Daya terus digalakan. Setelah Kecamatan Pulau Babar, Kecamatan Letti dan Kecamatan Pulau Moa, kali ini 3 desa di Kecamatan Kisar Selatan dan 1 desa di Kecamatan Kisar Utara diresmikan pembentukan Kampung KB oleh Ketua TP. PKK. Kabupaten MBD, Ibu Relly A. Noach, Sabtu (4/6) di Desa Nomaha dan Desa Abusur serta Selasa (7/6) di Desa Wonreli dan Desa Lekloor.

Kampung KB merupakan inovasi strategi dalam Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam rangka mewujudkan keluarga kecil bahagia dan sejahtera.

Ibu Relly A. Noach dalam sambutannya mengatakan, kehadiran kampung keluarga berkualitas yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup di tingkat desa melalui program kependudukan serta pembangunan di sektor lain dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

3 hal pokok yang menjadi syarat dapat dibentuknya kampung keluarga berkualitas dalam satu wilayah yakni tersedianya data kependudukan secara akurat. Adanya dukungan dan komitmen dari Pemerintah serta partisipasi aktif dari masyarakat setempat.

“Pembentukan kampung keluarga berkualitas ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pembangunan berwawasan kependudukan, meningkatkan pengetahuan tentang kesehatan dan hak-hak reproduksi, serta meningkatkan ketahanan keluarga melalui program bina keluarga balita, bina keluarga lansia dan pasangan usia pinggiran,” ujarnya.

Baca Juga: Pemkab Bursel Diingatkan Soal RPJMD

Dikatakan, keluarga merupakan pilar utama dalam pembangunan sehingga menjadi tantangan adalah bagaimana kita menjaga setiap anggota keluarga dalam keadaan sehat, terlebih selama masa pandemi covid-19. Untuk itu dirinya mengharapkan dukungan dan partisipasi aktif dari semua pihak agar kampung keluarga yang berkualitas dapat berjalan dengan baik dan sukses.

“Selaku Ketua TP PKK Kab.MBD, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh masyarakat karena berpartisipasi dan mendukung program pemerintah melalui program kampung keluarga berkualitas. Harapan saya, kampung keluarga yang telah dibentuk dapat ditindaklanjuti dengan kerja nyata dari pemerintah desa setempat untuk membantu masyarakat dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Maluku Barat Daya,” terangnya. (S-08)