AMBON, Siwalimanews – Hingga saat ini masyarakat Kecamatan Seram Utara masih kesulitan untuk mengakses fasilitas kesehatan.

Hal ini diakui anggota DPRD Provinsi Maluku dapil Kabupaten Maluku Tengah Halimun Saulatu, kepada wartawan di Baileo Rakyat Karang Panjang, Senin (31/10).

Menurutnya, dari beberapa agenda reses yang dilakukan dirinya, ternyata masyarakat Kecamatan Seram Utara banyak mengeluh terkait dengan keterbatasan sarana dan prasarana kesehatan.

Kenyataan ini, mestinya direspon secara serius oleh Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah dengan merealisasikan sebuah rumah sakit yang representatif bagi masyarakat Seram Utara.

“Sudah saatnya penjabat Bupati untuk segera merealisasikan pembangunan sebuah rumah sakit, khususnya untuk Kecamatan Seram Utara,” tegas Saulatu.

Baca Juga: Walikota Serahkan Klaim Jaminan Kematian dari BPJS ke 50 Pekerja

Salah satu alasan diperlukan rumah sakit bagi masyarakat Seram Utara kata Halimun,  karena rentan kendali pelayanan kesehatan terhadap masyarakat disana,  sehingga kemudian diharapkan masyarakat dapat terlayani.

Menurutnya, selama ini belum ada fasilitas rumah sakit, yang ada hanyalah puskemas di Wahai dan ketika sakit masyarakat harus bertobat ke RSUD Bula atau RSUD Masohi, yang jaraknya cukup jauh.

“Itu kan jaraknya cukup jauh, oleh karena itu pelayanan dasar seperti ini harus diperhatikan pemerintah kabupaten,” cetusnya. (S-20)