AMBON, Siwalimanews – Wakil Sekretatis DPD PDI Perjuangan Provinsi Maluku Jafri Taihuttu mengaku, dari tiga nama yang dikirim DPD PDIP Maluku ke DPP, telah diputuskan kalau Benhur Watubun ditugaskan untuk melanjutkan kepemimpinan Lucky Wattimury yang telah dibebastugaskan sebagai Ketua DPRD Maluku.

“Karena itu, SK nya nanti datang  baru DPD akan rilis secara resmi. Karena SK tidak bisa dititip-titip, tanda tangan ibu itu hologram. Jadi nanti DPD salah satu akan ditugaskan atau teman-teman DPD yang ada di Jakarta, akan ditugaskan untuk mengantar SK tersebut dan diberikan ke DPD di Ambon. Karena surat itu ditembuskan ke pak Benhur saja tetapi ke DPD, juga kepada DPRD Maluku, gubernur, KPUD, Bawaslu hingga ke Mendagri. Sehingga semuanya bersabar sampai SKnya tiba, itu yang dapat saya sampaikan,” jelas Jafri di Ruang Komisi I DPRD Kota Ambon, Senin (31/10).

Sedangkan posisi Ketua Fraksi menggantikan posisi Benhur kata Jafri, internal DPD yang nantinya akan menetapkan, sementara untuk posisi Bendahara DPD menggantikan Lucky Wattimury, masih menunggu hasil fit and propert test dari DPP.

“Jadi nanti untuk posisi Bendahara juga akan diundang ke DPP untuk ikut propert test. Itu bagian dari mekanisme partai kita,” ujar Jafri.

Dengan adanya keputusan DPP ini kata Jafri, maka tidak lagi menimbulkan banyak prediksi terkait posisi itu.

Baca Juga: Watubun Ditetapkan DPP Jabat Ketua DPRD Maluku

Disinggung terkait akankah menimbulkan konflik internal terkait penetapan Benhur sebagai Ketua DPRD, Taihuttu meyakini, bahwa tidak akan terjadi hal itu, sebab ini bagian dari dinamika politik, yang mana PDIP adalah partai besar yang turut dibesarkan oleh Lucky Wattimury selaku kader senior.

“Dinamika itu secara langsung sudah dimatikan oleh pernyataan pa Lucky selaku kader. Beliau taat dan mendukung sepenuhnya sikap DPP. Beliau senior, bukan orang baru di partai, beliau tokoh partai dan beliau tau cara membesarkan partai, sehingga tidak mungkin partai yang sudah beliau besarkan akan dirusak hanya karena dinamika seperti ini,” tandas Jafri.

Karena itu tegas Jafri, tidak akan ada perpecahan yang akan membuat partai ini tidak maju dan berkembang, sebab target PDIP ini untuk mencetak hetrik yakni, memenangkan pemilu, baik pilpres, DPR dan juga DPRD kabupaten/kota dan provinsi. Bahkan hingga menduduki posisi Ketua DPRD, termasuk di Kota Ambon.(S-25)