AMBON, Siwalimanews – Kementerian Sosial melalui Sentra Wasana Bahagia Ternate berjanji akan melakukan pengawasan terhadap bantuan yang sudah disalurkan ke masyarakat termasuk nelayan.

Kali ini bantuan sosial diberikan kepada dua kelompok nelayan di Kota Ambon berupa perahu dari fiber dengan mesin 1,5 GT dan paket alat pancing dan menjaring ikan.

Penyerahan bantuan dilakukan oleh pihak Kemensos kepada kelompok nelayan di Laha, Kamis (15/8).

Perwakilan Sentra Wasana Bahagia Ternate saat penyerahan juga berharap bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan dengan bijak untuk menambah penghasilan agar nelayan kota Ambon lebih sejahtera.

Selaku UPT Kemensos, pihak sentra Wasana Bahagia Ternate mengaku akan terus melakukan monitoring terhadap penerima bantuan,” terangnya.

Baca Juga: Jasa Covid-19 Belum Tuntas, Pemprov Diminta Selesaikan

Selain bantuan yang diberikan saat ini, kemensos berjanji akan lagi memberikan bantuan kepada kelompok nelayan yang ada di Kota Ambon.

“Kedepannya juga akan disalurkan bantuan 4 perahu fiber bermesin kepada kelompok nelayan di Kecamatan Teluk Ambon,” janjinya.

Ditempat yang sama Pelaksana Tugas Kadis Perikanan Sirjhon Slarmanat mengaku berterima kasih kepada Menteri Sosial Tri Rismaharini atas bantuan yang diberikan kepada nelayan.

“Terima kasih kepada Menteri Sosial, Tri Rismaharini atas bantuan kepada nelayan kota Ambon. Kami berharap bantuan tersebut nantinya akan dimanfaatkan dengan baik oleh nelayan,” ujarnya.

Bantuan yang diberikan saat ini katanya memang belum menjangkau semua nelayan.

“Tidak semua nelayan mendapatkan kesempatan ini, sehingga harus disyukuri dan diharapkan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Untuk diketahui, di awal tahun 2024, Pemerintah Kota Ambon juga telah memberikan bantuan kepada sejumlah kelompok nelayan.

Bantuan yang diberikan Dinas Perikanan itu berupa pancing tonda dan motor tempel kepada kelompok nelayan dan pelaku usaha perikanan.

Bantuan bantuan pancing tonda dan motor tempel berasal dari APBD Pemkot Ambon Tahun 2023.

Bantuan tersebut meliputi, 15 unit motor tempel 18 PK dan 15 paket pancing tonda lengkap yaitu masing-masing kelompok menerima 1 unit kapal pancing tonda dan mesin tempel 18 PK dan perlengkapan pancing tonda.

Sementara bantuan perlengkapan pancing tonda yang diberikan meliputi jangkar, tali jangkar, swivel, tali labuh, life jacket, GPS, mata pancing, tasi, bering swifer, glos penggulung, timah pemberat, kawat stensil dan tang penjepit. (S-29)