AMBON, Siwalimanews – Pangdam XVI Pattimura Mayjen Jeffry Apoly Rahawarin berkeinginan untuk mengembalikan kejayaan atlet tinju Maluku di kancah nasional.

“Pertina Maluku harus bangkit, artinya memang sudah ada, namun bangkit menuju kejayaan seperti di tahun 80an. Itulah kepedulian saya, percuma saya jadi ketua harian pengurus pusat dan berada disini, namun tinjunya tidak seperti dulu,” ujar Pangdam kepada wartawan usai apel kesiapan para petinju maupun pengurus Pertina Maluku, di kediamannya, Sabtu (13/3).

Tak hanya melakukan apel kesiapan, namun guna mengasah kemampuan para petinju, Pangdam yang juga menjabat sebagai Ketua Harian Pertina Indonesia ini juga akan menggagas kejuaraan tinju amatir, demi meningkatkan jam terbang para atlet di kompetisi lebih besar nantinya.

“Rencannya saya akan koordinasi dan buat pertandingan, percuma atlet terus berlatih tanpa ada jam terbang di pertandingan. Walaupun saya ketua harian pusat, tapi saya sudah ijin ke Ketua Pertina Maluku untuk kita sama sama sharing dan buat pertandingan, jadi sekarang ini kita persiapkan dulu para atlet, nanti 3 bulan kedepan baru kita selenggarakan kejuaraan. Kita gairahkan lagi semangat tinju di Maluku,” ucapnya.

Pangdam berharap, dengan gebrakan yang dibuat nantinya, perkembangan tinju di Maluku bisa lebih berkembang lagi dan dapat mengisi semua kelas di PON nanti.

“Memang perkembangan tinju masih terlihat dan masih ada juga di PON, tapi yang saya harapkan, kita harus juara serta  semua kelas harus kita isi,” tandasnya.

Ditempat yang sama Wakil Ketua Pertina Maluku Ongky Nanulaitta mengapresiasi langka yang digagas Pangdam, guna mengembalikan kejaayaan tinju Maluku di kancah nasional.

Selaku Wakil ketua, Nanulaitta berjanji akan berkoordinasi dengan Ketua Pertina Maluku, Ramly Umasuggi terkait peryelenggaraan pertandingan amatir kepada atlet tinju Maluku yang digagas Pangdam.

“Kita akan sampaikan ke pak Ramly dan sesegera mungkin akan kita selenggarkan,” ucap Nanulaitta. (S-45)