AMBON, Siwalimanews – DPRD Provinsi Maluku melalui Tim 1 pengawasan penanganan Covid-19, akan mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah Ishak Umarela Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, untuk melihat secara langsung pelayanan terhadap pasien Covid-19.

Rencana kunjungan ini telah diagendakan sebelumnya, tetapi berkaitan dengan adanya keluhan dari pasien Covid-19 yang sementara dirawat di rumah sakit tersebut kepada Kapolda Maluku Irjen  Baharudin Djafar saat melakukan kunjungan, membuat DPRD ingin melihat secara langsung hal dimaksud.

Dalam kunjungan tersebut, para pasien Covid-19 mengeluhkan, keterlambatan makan serta kurangnya asupan vitamin selama menjalani perawatan.

“Pasti kita akan kunjungi dan lihat kondisi di RSUD Tulehu,” ungkap Ketua Tim, Melkias Sair­dekut kepada wartawan di Kantor DPRD Maluku, Rabu (24/6).

Dikatakan, sebagai salah satu rumah sakit umum yang ada dibawah Pemprov Maluku, maka sudah menjadi kewajiban dewan untuk secara langsung melihat kondisi yang terjadi, khususnya pelayanan kepada para pasien yang sebagian merupakan tenaga medis.

Baca Juga: Kantor Bea Cukai Pelabuhan Yos Sudarso Terbakar 

Terkait dengan hasil pengawasan, tim Covid-19 pada beberapa rumah sakit rujukan paisen Covid-19, Sairdekut mengatakan, semua kebutuhan di rumah sakit atau tempat karantina seperti alat pelindung diri atau masker sampai saat ini masih tercukupi.

Menurutnya, saat kunjungan lalu telah dijelaskan oleh perawat bahwa kebutuhan APD akan dimintakan langsung ke gugus tugas provinsi dan sementara mereka masih dalam proses permintaan untuk kebutuhan selanjutnya.

DPRD juga telah menekankan agar perawat yang ada dapat mengajukan permintaan sebelum kebutuhan APD tersebut habis, jangan sampai sudah habis baru diajukan permintaan sehingga siklus kebutuhan tidak boleh putus demi keselamatan petugas.(Mg-4).