BULA, Siwalimanews – Bupati Seram Bagian Timur Mukti Keliobas memberikan peringatan kepada pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar selalu berkomitmen terhadap program pemberantasan korupsi.

Peringatan tersebut bupati dalam sambutannya yang diba­-cakan Wakil Bupati Idris Ruma­lutur, saat membuka kegiatan rapat kordinasi pencegahan ko­rupsi, oleh Komisi Pembe­rantasan Korupsi terhadap Pemerintah Kabu­paten Seram Bagian Timur yang berlang­sung di gedung serbaguna Dinas Kesehatan. Senin (4/12).

Dikatakan, atas nama pemerintah Kabupaten Seram Bagian Timur dalam rangka bersinergi bersama- sama pemerintah daerah melalui perbaikan sistem, salah satunya melalui monitoring Center For Prevention.

“Monitoring Center For Prevention (MCP) ini, merupakan sebuah aplikasi atau dashboard yang dikembangkan oleh Komisi KPK untuk melakukan monitoring capaian kinerja pencegahan korupsi, melalui perbaikan tata kelola pemerintah daerah di seluruh Indonesia,” katanya.

Dikatakan, disadari bahwa capaian monitoring Center For Prevention pada Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Timur Tahun 2022 dengan nilai total 48.98, dan di tahun 2023 Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Timur terus berkomitmen untuk meningkatkan capaian  MCP yang mana saat ini masih dalam proses pelaksanaan oleh OPD terkait pemangku area intervensi, dengan melakukan pendampingan dari inspektorat.

Baca Juga: Walikota Tunjuk Sekdis Plt Kadis Kominfo

“Kami berkaca dari capaian monitoring Center For pada tahun 2022 yang masih rendah, tapi tidak menyurutkan semangat pemerintah daerah Kabupaten Seram Bagian Timur sinergi bersama- sama untuk mencapai target dari monitoring Center For Prevention yang merupakan komitmen bersama dalam rangka pencegahan dan pemberantasan korupsi. Kami meminta kepada KPK untuk terus memberi arahan dan bimbingan dalam upaya pencegahan korupsi dalam meningkatkan tata kelola pemerintah Kabupaten SBT,” katanya.

Pihaknya berharap, kegiatan ini menjadi pengingat kepada semua pihak kepentingan regulasi dan segala ketentuan untuk dipatuhi dalam bekerja atas suksesnya Implementasi dari kegiatan ini.

“Kita bersama- sama juga berkomitmen untuk mencapai mewujudkan pemerintah yang bersih transparan, akuntabel dan bebas korupsi,” harapnya. (S-27)