AMBON, Siwalimanews – Jabatan Kepala Kepolisian Dae­rah Maluku resmi berganti. Per­gantian orang nomor satu di Polda Maluku ini ditandai dengan upacara serah terima jabatan yang dipimpin langsung oleh Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Sertijab Kapolda Ma­luku bersama sejumlah Kapolda lainnya dirang­kai dengan upacara ke­naikan pangkat perwira tinggi Polri yang dilang­sungkan di Rupattama Mabes Polri, Jakarta, Senin (29/7).

Kapolda Maluku yang sebelumnya dijabat oleh Irjen Lotharia Latif, kini resmi diserahkan kepada Irjen Eddy Sumitro. Sementara jabatan Koorsahli yang dilepas kini diemban oleh Irjen Hadi Gunawan.

Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Areis Aminnullah kepda wartawan di Ambon Senin (29/7) mengungkapkan, selain Kapolda Maluku, sertijab juga dilakukan untuk sejumlah Kapolda lainnya. Di antaranya Kapolda Sumatra Utara, Bangka Belitung, Bali, Bengkulu, dan Kalimantan Utara. Sertijab juga terhadap Kadiv Propam Polri dan satu pejabat utama yakni staf Ahli Kapolri.

Dikatakan, terdapat 17 perwira tinggi (Pati) Polri yang melak­sa­nakan upacara kenaikan pangkat dan sertijab hari ini.

Baca Juga: Kapolri Ganti Dua Petinggi Utama Polda Maluku

“Selain sertijab untuk bapak Kapolda Maluku, sertijab juga untuk Kapolda Sumatra Utara, Kapolda Bangka Belitung, Kapolda Bali, Kapolda Bengkulu, dan Kapolda Kaltara. Ada juga PJU yakni Kadiv Propam, satu staf Ahli Kapolri,” jelasnya.

Dua Petinggi Diganti

Seperti diberitakan sebelumnya, Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Listyo Sigit Pra­bowo melakukan mutasi di tubuh Polri termasuk mengantikan dua petinggi utama

Dalam mutasi yang tertuang dalam surat Telegram Rahasia yang yang ditandatangani oleh AS SDM Kapolri Irjen Dedy Prasetyo ini, terdapat nama Kapolda Maluku Irjen Lotharia Latif dan Wakapolda Brigjen Stephen Napiun.

Dalam Surat telegram Kapolri nomor: ST/1554/VII/KEP/2024 tanggal 26/7/2024 jabatan Kapolda Maluku yang dijabat Irjen Lortharia Latif akan digantikan oleh Irjen Edi Sumitro Tambunan yang saat ini menjabat sebagai Koorsahli Kapolri.

Irjen Lotharia Latif sendiri dimu­tasikan sebagai Pati Bareskrim Polri, guna persiapan penugasan diluar struktur.

Selain Kapolda Maluku, Kapolri juga melakukan mutasi terhadap jabatan Wakapolda Maluku. Brigjen Stephen Napiun akan bertukar posisi dengan Brigjen Samudi. Dimana Brigjen Samudi yang saat ini menjabat Wakapolda Maluku Utara akan menjabat Wakapolda Maluku.

Sementara Brigjen Stephen Napiun akan mengisi jabatan baru sebagai Wakapolda Maluku Utara.

Selanjutnya, posisi Karo SDM Polda Maluku yang saat ini di jabat Kombes Leo Surya Nugraha Simatupang akan digantikan oleh Kombes Agus Nugroho yang saat ini menjabat Karo SDM Polda Gorontalo. Kombes Leo sendiri diangkat dalam jabatan baru sebagai Karo SDM Polda Kalteng. (S-10)