MASOHI, Siwalimanews – Kapolres Kabupaten Muluku Tengah AKBP Herdi Meladi Kadir berikrar akan terus merawat sinergitas bersama wartawan di bumi Pamahanu-Nusa.

Baginya,wartawan memiliki peran strategis serta fungsi yang hampir sama dengan polisi, terutama dalam menjaga keutuhan bangsa dan negara, kontrol sosial serta lain sebagainya.

“Harmonisasi Polri dan pers yang terbangun selama ini harus terus dirawat. Peran dan fungsi rekan rekan dalam menjaga keutuhan bangsa dan negara juga menjadi bagian penting dalam tugas dan peran serta fungsi Polri. Karenanya saya pastikan sinergitas yang terbangun selama ini akan terus kita rawat bersama,” ucap Kapolres saat coffee morning bersama pengurus PWI Mateng yang berlangsung di ruang RupatamaTantya Sudhirajati, Mapolres Malteng, Rabu (7/1)

Dalam upaya merawat sinergitas bersama insan pers di Malteng, Kapolres mengungkapkan sejumlah program inovatif Polri antara lain, Jumat Curhat dan Minggu Kasih. Program ini menjadi yang efektif dalam mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. dalam tugas pokok dan fungsi polri yakni, melindungi, mengayomi, dan, melayani masyarakat.

“Ada yang namanya program Jumat Curhat dan Minggu Kasih. Melalui program ini, keluhan masyarakat terkait potensi gangguan kamtibmas diserap, selanjutnya ditindak lanjuti demi mewujudkan pelayanan yang optimal, termasuk saran dan masukan bagi perbaikan kinerja kepolisian dalam mewujudkan kinerja optimal Polri,” tandas Kapolres.

Baca Juga: SKK Migas Terus Dorong Perkembangan Proyek LNG Abadi

Kapolres juga menyebut, bukan hanya terkait dengan kejadian-kejadian pelanggaran hukum maupun potensi kerawanan, namun kedua program ini bahkan telah dirasakan manfaat besarnya oleh masyarakat.

“Melalui program ini, tanggapan, usul maupun saran untuk perbaikan kinerja jajaran personel Polri di tingkat Polsek maupun Polres diterima jajaran dibawah,” sebut Kapolres.

Sementara itu Ketua PWI Malteng, Stewart Toisuta mengapresiasi terselenggaranya kegiatan itu,serta memuji ikrar Kapolres untuk terus merawat sinergitas bersama dengan insan pers di Malteng.

“Kami mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini. Pasalnya, melalui wartawan di Maluku Tengah terutama anggota PWI Malteng dapat saling mengenal untuk terus menjaga dan merawat sinergitas bersama yang telah terbangun selama ini,” ucap Toisuta.

Toisuta menjamin, PWI dan wartawan di Malteng sedapat mungkin akan terus bersinergi dengan Kapolres bersama jajarannya.

“Sejauh ini bersama dengan para pimpinan polres sebelumnya, insan pers terus merawat hubungan baik dengan Kapolres dan seluruh jajarannya, tak hanya itu, jika kemudian ada kritik maupun kontrol yang bisa saja terjadi di kemudian hari, diharapkan hal itu tidak kemudian menjadi “momok” maupun alasan yang dapat mengurangi harmonisasi hubungan pers bersama Kapolres dan jajarannya. Hal itu semata mata hanya bagian dari tugas dan kontrol publik yang menjadi salah satu fungsi pers,” ujar Toisuta.

Toisuta berharap, sinergitas yang terbangun selama ini dapat terus dirawat untuk saling mendukung, membangun kemitraan yang lebih baik lagi.(S-17)