AMBON, Siwalimanews – Kapolda Maluku, Irjen Refdi Andri melaporkan situasi ke­amanan pasca pilkada ke Gu­bernur Murad Ismail, Senin (14/12).

Empat kabupaten kota yang melaksanakan pilkada serentak pada 9 Desember lalu yakni Ka­bupaten Seram Bagian Timur, Kabupaten Kepulauan Aru, Kabu­paten Buru Selatan  dan Kabu­paten Maluku Barat Daya.

“Hari ini saya datang untuk ber­temu dengan gubernur tentu­nya beliau adalah wakil peme­rintah pusat dan ketua dari Forkopimda Maluku bahwa pilkada berjalan dengan baik aman dan lancar,” kata Refdi, kepa­da wartawan, di Kantor Gubernur Maluku.

Refdi mengaku, sebelum pil­kada berlangsung dirinya sudah turun ke empat kabupaten yang menyelenggarakan pilkada untuk memastikan semua berjalan dengan baik.

“Memang kita lihat hasilnya kita tunjukan kebersamaan itu, hasilnya sampai saat ini tidak ada hal-hal dan tidak ada riak-riak. Semua bisa berjalan dengan sangat baik termasuk memberlakuan protokol kesehatan, partisipasi masyarakat juga cukup tinggi, itu yang kita laporkan ke pak gubernur,” jelasnya.

Baca Juga: Mako Brimob Perketat Protokol Kesehatan

Selain itu kata Refdi, juga kedatangannya bertemu dengan gubernur karena dirinya orang baru di Maluku.

“Saya sebagai orang baru dalam pertemuan itu saya juga dapat ba­nyak masukan dari beliau bagai­mana beliau melaksanakan kegia­tan di sini dan kita optimal kerja sa­ma  dengan semua mitra kerja, baik instansi vertikal maupun ins­tansi lain yang ada di Maluku,” ujarnya.

Gubernur menambahkan, seba­gai kapolda yang baru memang harus bersilaturahmi untuk minta arahan.

“Ini bukan berarti saya lebih pintar dari kapolda, tapi saya senior dan pernah jadi kapolda. Banyak hal yang dibicarakan dan beliau bilang saya ini komandan Forkopimda. Jadi sebagai komandam, bagaimana dengan orang yang diajak kerja sama itu harus benar-benar sinergi, jangan di mulut lain di belakang buat lain,” ujar Murad.

Murad mengatakan, pemprov Ma­luku mendukung semua kegia­tan yang dilakukan oleh Polri di Maluku. “Saya akan dukung tugas Polri dan apa yang harus kita berikan, kita dukung jadi tidak ada masalah yang lain yang kita terima kasih juga atas kerja sama,” tandasnya.

Murad menambahkan, pemprov juga telah melaporkan suksesnya penyelenggaraan pilkada ke Ke­menko Polhukam dan Ke­men­terian Dalam Negeri.

“Saya sudah laorkan pilkada di empat kabupaten di Maluku ber­jalan aman dan lancar, tingkat partisipasi tahun ini agak tinggi di atas 80 persen dari rara-rata nasional,” ujarnya. (S-39)