AMBON, Siwalimanews – Kapolda Maluku Irjen Eddy Sumitro Tambunan meminta, kapolres dan jajarannya untuk membuat peta kerawanan menghadapi pemilihan kepala daerah 27 November mendatang.

Hal itu disampaikan Kapolda, saat memimpin rapat analisa dan evaluasi (anev) menjelang pengamanan pilkada serentak tahun 2024 di ruang video conference Markas Polda Maluku, Kamis (15/8).

Mengawali rapat, orang nomor satu di Polda Maluku ini terlebih dahulu mengecek kesiapan personel pengamanan pilkada di setiap polres jajaran.

Kepada Direktur Intelkam Polda Maluku, Kapolda meminta untuk memaparkan situasi terkini mengenai kamtibmas dan politik di wilayah Maluku jelang perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dan pilkada.

Selain Direktur Intelkam, Kapolda juga meminta Karo Ops Polda Maluku memaparkan mengenai tingkat gangguan kamtibmas dan jumlah kasus yang ditangani Polda Maluku dan polres jajaran.

Baca Juga: Uskup Lantik Prajurit Kodam Pattimura Sebagai Pengurus OCI

“Seluruh kapolres jajaran untuk membuat peta kerawanan di wilayahnya masing-masing sesuai persentase yang ada,” pinta Kapolda.

Para kapolres juga diingatkan untuk lebih meningkatkan kegiatan kepolisian di tengah-tengah masyarakat. Hal tersebut penting dilakukan untuk pemeliharaan situasi kamtibmas yang kondusif.

“Seluruh kapolres saya minta agar tetap berbuat baik, bekerja dengan baik dan tidak sebaliknya menjadi pemicu permasalahan di tengah-tengah masyarakat,” pinta Kapolda,

Senada dengan Kapolda, Wa­kapolda juga meminta seluruh jajaran dapat melakukan cooling system di wilayah masing-masing. Setiap permasalahan yang terjadi agar segera dituntaskan. Sehingga diharapkan saat menghadapi pilkada situasi kamtibmas mudah untuk dikendalikan.

“Segera update situasi di wilayahnya masing-masing terkhusus pada kegiatan para paslon, sehingga semua dapat termonitor dengan baik,” ujar Wakapolda. (S-10)