AMBON, Siwalimanews – Kurang lebih enam rumah warga, satu unit gedung mushalah dan tiga ruangan kelas di sekolah Tsnawiyah LKMD Desa Sawah, Kecamatan Lilialy, Kabupaten Buru rusak parah akibat angin puting beliung menerpa Desa Sawah, Selasa (6/4) sekitar pukul 2.30 WIT.

Tidak ada korban jiwa dalam peris­tiwa ini, namun kerugin materil yang ditaksir berjumlah ratusan juta rupiah. Menanggapi laporan adanya bencana alam itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Buru, Ilyas Hamid yang didampingi Kepala Badan Penang­gulangan Bencana Daerah (BPBD), Hadi Zulkarnaen dan beberapa ke­pala OPD Kabupaten Buru langsung meninjau lokasi bencana.

Hal itu dibenarkan oleh Kabag Humas Kabupaten Buru, Umar Karepesina kepada Siwalima Selasa (6/4). Karepesina mengatakan, perangkat Pemerintah Kabupaten Buru langsung bergerak tanggap setelah mendengar adanya informasi angin puting beliung.

Setelah sampai di lokasi bencana yang ada di Desa Sawah, Sekda langsung memerintahkan agar mendata rumah dan bangunan yang rusak akibat terpaan angin puting beliung itu. Dan para korban akan menerima bantuan sebagaimana mestinya.

Selain meninjau bencana angin puting beliung, Sekda beserta rombongan juga bergerak menuju lokasi bencana banjir yang melanda Kompleks Pasar, Dess Walau, Kecamatan Waplau, Kabupaten Buru.

Baca Juga: Polda dan Pemda Bahas Sistem Penerimaan Anggota Polri

Sesampai di Desa Waplau, diketahui, banjir setinggi 1 meter merendam kurang lebih 15 rumah yang ada di kompleks pasar Desa Walau. Sekda langsung memberikan bantuan sembako kepada korban bencana banjir melalui Kepala Desa Waplau. (S-31)