AMBON, Siwalimanews – Kapolda Maluku yang baru, Irjen Pol Eddy Tambunan diminta untuk menuntaskan sejumlah kasus du­gaan korupsi yang saat ini ditangani Ditreskrimsus.

Permintaan ini disampaikan Koor­dinator Badan Eksekutif Mahasiswa Nusantara Maluku Adam Rahantan kepada Siwalima melalui telepon selulernya, Selasa (30/7) menyam­but baik mutasi Kapolda Maluku yang dilakukan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Menurutnya, mutasi pejabat memang sesuatu yang biasa dalam institusi kepolisian, apalagi Irjen Pol Lotaria Latif telah sangat lama menjadi Kapolda Maluku

“Memang Kapolda sebelumnya itu meninggalkan sejumlah kasus yang sampai sekarang belum tuntas, maka harus menjadi catatan penting bagi Kapolda baru,” ujar Adam.

Kapolda yang baru kata Adam me­nempatkan kasus-kasus korupsi se­bagai skala prioritas untuk dituntas­kan agar tidak dipertanyakan publik.

Baca Juga: Enam Caleg Terpilih Malteng Terancam tak Dilantik

“Kapolda yang baru ini harus lebih baik dari yang sebelumnya agar kepercayaan publik terhadap Polda Maluku dapat kembali pulih,” tegasnya.

Adam juga meminta Kapolda yang baru untuk melakukan pembinaan kepada seluruh personel Polri di wilayah hukum Polda Maluku, pasca bentrok antara Brimob dengan Polres Tual.

Bahkan bagi anggota brimob yang menjadi dalang dari persoalan itu harus diproses sesuai aturan, agar ada efek jera sebab sebagai satu institusi mestinya saling menjaga wibawa Polri. “Bentrok antar Brimob dengan Polres Tual itu juga harus jadi perhatian serius Kapolda yang baru baru agar kedepan tidak ada lagi kejadian serupa yang dapat mencoreng institusi Polri,” jelasnya. (S-20)